Kenali Manfaat Gula Aren sebagai Pemanis di Minuman Kekinian

Kenali Manfaat Gula Aren sebagai Pemanis di Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Siapa yang tak kenal dengan manisnya gula aren atau palm sugar yang ada di makanan atau minuman? Gula ini adalah jenis pemanis populer yang banyak dimanfaatkan untuk campuran kopi atau bahan dasar bumbu masakan.

Tak jarang juga gula ini dipakai untuk campuran minuman lain seperti wedang jahe, kolak, bubur kacang hijau, dan lain-lain.

Selain memberikan rasa manis dan rasa sedap pada masakan, palm sugar ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat yang ada dalam pemanis ini? Bagaimana juga proses pengolahan palm sugar sampai siap konsumsi? Berikut penjelasannya!

Proses Pengolahan Gula Aren

Palm sugar atau gula aren merupakan pemanis alami yang berasal dari nira pohon aren. Gula ini menjadi pemanis alternatif yang lebih menyehatkan daripada gula pasir atau pemanis lainnya.

Proses pengolahannya yang tidak ada bahan kimia tambahan apapun menjadikan kandungan vitamin dan mineral nabati yang ada di dalam gula ini tetap terjaga.

Berbeda dengan gula pasir putih, rasa palm sugar lebih ringan dan lebih menyehatkan. Proses pembuatannya diawali pengambilan cairan nira pohon aren dengan cara memukul tangkai tandan bunga pada pangkal pohon dan nantinya diarahkan ke tandan bunga.

Biasanya proses pengambilan nira membutuhkan waktu satu bulan atau sampai bunga berguguran. Tujuannya untuk melemaskan jalur nira sehingga alirannya bisa lebih deras. Proses selanjutnya adalah penyadapan air nira dari pohonnya. Biasanya ini dilakukan selama dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore.

Setelah semua nira terkumpul, proses selanjutnya adalah penyaringan nira agar bersih dan terpisah dari kotoran. Setelah itu cairan nira dimasak selama 4-5 jam dalam kuali hingga cairan tersebut mengental.

Saat proses pemasakan, nira harus terus diaduk agar rasanya tidak pahit. Nantinya nira akan berubah warna menjadi coklat setelah melalui proses pemasakan selama 4-5 jam.
Selanjutnya nira akan dicetak menggunakan bambu atau batok kelapa, kemudian dibiarkan selama satu malam sampai gulanya bisa dibungkus. Biasanya pembungkusnya berasal dari pelepah daun pisang, daun jati, atau upi pinang. Namun pada proses pengolahan modern biasanya memakan cetakan plastik.

Manfaat Gula Aren

Gula aren memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan biasanya jadi bahan pemanis alternatif untuk makanan dan minuman. Gula ini merupakan sumber mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh serta mengandung kalium, fosfor, mangan, seng, besi, dan tembaga.

Beberapa penelitian menyebutkan pemanis ini baik untuk penderita diabetes, karena satu sendoknya mengandung:

  • Protein: 0 gram
  • Kalori: 54
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 0
  • Gula: 15 gram
  • Karbohidrat: 15 gram

Ini sangat berbeda dengan gula pasir yang memiliki tingkat kalori tinggi namun rendah gizi. Adapun manfaat lain dari palm sugar untuk kesehatan tubuh antara lain:

1. Mengontrol Tekanan Darah dalam Tubuh

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik bisa menyebabkan penderita mengalami penyakit jantung hingga stroke. Oleh karena itulah tekanan darah harus dikontrol dengan baik, salah satunya dengan mengganti gula biasa dengan palm sugar sesuai takaran.

Palm sugar mengandung kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, Anda tidak disarankan mengonsumsi gula ini secara berlebihan karena bisa membuat obesitas dan kerusakan pada gigi.

2. Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Selain mengontrol tekanan darah, gula aren juga bisa menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Ini karena palm sugar mengandung indeks glikemik dan glukosa yang lebih sedikit daripada madu atau gula meja.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Palm sugar juga kaya akan serat bernama inulin. Inulin ini adalah serat nabati yang bisa membantu mengendalikan bakteri pada usus, meningkatkan penyerapan mineral, dan meningkatkan kesehatan pencernaan pada tubuh.

4. Baik untuk Kesehatan Tulang

Selain pencernaan, palm sugar juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan menurunkan resiko osteoporosis karena mengandung kalium.

Namun, ini perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas manfaat palm sugar pada tulang. Karenanya, Anda perlu mengonsumsi makanan lain yang mengandung kalium dan vitamin D agar tulang tetap sehat dan kuat.

5. Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal terjadi karena adanya batu yang berasal dari endapan kalsium dalam ginjal. Penyakit ini bisa terjadi karena penderita kekurangan kalium sehingga endapan kalsium pada ginjal bisa terbentuk, hingga akhirnya mengeras dan menjadi batu ginjal.

Nah, salah satu cara untuk mengurangi resiko batu ginjal adalah mencukupi kebutuhan kalium dengan mengonsumsi palm sugar sesuai takaran.

6. Menjaga Sistem Saraf

Kandungan kalium tinggi pada palm sugar memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, karena bisa menjaga fungsi sistem saraf dan membuat detak jantung serta kontraksi otot menjadi teratur.

7. Mencegah Kerusakan Sel

Palm sugar mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi tinggi daripada jenis gula lain. Salah satu nutrisi yang ada dalam palm sugar adalah fitonutrien. Fitonutrien mengandung antioksidan yang berperan penting untuk mencegah kerusakan sel yang menyebabkan munculnya penyakit kronis.

Perbedaan Gula Aren dengan Gula Merah

Meski banyak yang menganggap sama, gula merah dengan palm sugar mempunyai perbedaan dan karakteristik masing-masing. Palm sugar warnanya cenderung kecoklatan dan rasanya paling manis daripada jenis gula lain.

Aroma dari palm sugar juga cukup kuat dan khas. Teksturnya tidak terlalu keras sehingga mudah hancur. Sedangkan gula merah atau gula jawa biasanya berukuran agak besar dan berbentuk silinder.

Gula merah ini umumnya berwarna coklat muda yang sedikit kemerahan dan biasanya dipakai untuk campuran makanan agar rasanya menjadi seimbang. Misalnya sebagai campuran sambal agar rasanya tidak terlalu pedas, atau biasanya untuk membuat bumbu rujak buah segar yang nikmat.

Sudah Tahu tentang Gula Aren dan Manfaatnya?

Itulah berbagai informasi terkait gula aren beserta manfaatnya. Karena mempunyai rasa manis dan aroma khas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan campuran minuman kekinian. Nah agar minuman terasa lebih nikmat, silahkan order bubuk minuman berkualitas dari Japo.

Japo adalah distributor bubuk minuman terbaik dan menjual bubuk minuman berkualitas untuk Anda yang ingin membuat minuman kekinian nikmat serta menyegarkan.