Partner Bisnis minuman terpercaya

Macam-Macam Serbuk Minuman Kiloan yang Beredar di Pasaran

Bagikan artikel ini

Salah satu bisnis yang tengah melejit saat ini adalah serbuk minuman kiloan. Bisnis minuman serbuk (powder drink) ini sebenarnya sudah sangat lama ada, namun sebelumnya dimonopoli oleh para produsen multinasional. Beberapa tahun terakhir, pola tersebut ternyata mengalami perubahan drastis.

Apa Itu Bisnis Serbuk Minuman Kiloan?

Usaha ini merupakan transaksi jual beli minuman dalam bentuk serbuk kepada konsumen yang mempunyai bisnis waralaba minuman kekinian, kafe, maupun rumah makan. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya langsung dalam bentuk siap minum jika ingin menggeluti industri beverages.

Ragam Jenis Bubuk Minuman

Kamu tertarik untuk menjadi agen bubuk minuman? Jika ya, maka wajib untuk mengenal, mengetahui beberapa macam bubuk minuman yang beredar di pasaran berikut:

1. Serbuk Minuman Tradisional

Sesuai dengan namanya, bubuk minuman ini terbuat dari bahan-bahan alami atau herbal yang dikenal luas khasiatnya untuk pengobatan tradisional. Melalui pengolahan dalam bentuk serbuk, bahan-bahan tersebut menjadi lebih mudah dikonsumsi karena tinggal diseduh saja. Contohnya serbuk minuman jahe emprit.

2. Serbuk Minuman Berperisa

Jenis serbuk minuman kiloan yang satu ini merupakan bubuk yang mengandung aneka rasa buatan (perisa). Minuman bubuk ini sangat populer dengan banyak pilihan rasa berbeda seperti cokelat, melon, anggur dan masih banyak lagi. Jenis ini sudah dicampur gula, sehingga tidak perlu penambahan karena manisnya pas sesuai takaran.

3. Serbuk Minuman Plain

Distributor bubuk minuman biasanya menawarkan dua pilihan, yaitu dengan gula atau tanpa gula. Jika kamu memilih non-gula, maka disebut sebagai plain. Jadi, saat menyeduh, kamu wajib menambahkan sendiri.

Keuntungan Bisnis Serbuk Minuman Premium

Jika ingin berbisnis minuman bubuk, lebih disarankan menggunakan produk premium. Karena perbedaan harganya tidak terlalu besar dengan kualitas produk lebih baik. Masih ragu dalam memutuskan terjun ke bisnis serbuk minuman kiloan? Deretan keuntungan yang ditawarkan usaha tersebut berikut bisa menjadi pertimbangan:

1. Modal Terjangkau

Menggeluti usaha bubuk minuman tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal di bawah Rp3.000.000,00. Terlebih jika kamu bisa menemukan pemasok bahan baku dengan harga murah tanpa mengorbankan kualitas produknya.

2. Masa Kedaluwarsa Produk Lama

Kamu juga tidak perlu khawatir mengalami kerugian akibat bubuk minuman mendekati masa kedaluwarsa. Serbuk minuman biasanya memiliki masa penggunaan yang panjang hingga 1-3 tahun setelah masa produksi. Jadi, penjual pun tidak diburu waktu dalam memasarkannya.

3. Margin Keuntungan Besar

Keuntungan lain yang ditawarkan dari bisnis serbuk minuman kiloan adalah margin keuntungan yang menggiurkan. Ketika menjualnya dalam bentuk bubuk, kamu bisa mendapatkan laba bersih hingga 30–40% per produk.

Persentase laba lebih tinggi lagi hingga 100% kalau kamu menjualnya dalam bentuk matang di kedai minuman kekinian maupun kafe. Karena itu, tidak berlebihan jika menyebut minuman menyumbangkan keuntungan paling tinggi dalam bisnis FnB.

4. Banyak Varian Rasa dan Inovasi Terus Dibuat

Kekhawatiran konsumen akan merasa bosan hingga menyebabkan penjualan terjun drastis juga tidak perlu menjadi beban pikiran. Sebab, minuman serbuk menawarkan berbagai varian rasa, bahkan selalu muncul inovasi rasa yang baru. Sehingga konsumen dibuat terus penasaran untuk mencoba.

5. Peluangnya Sangat Besar di Indonesia

Bisnis ini memiliki peluang pasar yang sangat signifikan di Indonesia. Sebab, bisnis ini memiliki proyeksi pasar hingga 1.375,00 USD di tahun 2027. Hanya saja, kamu memang harus tetap memperhatikan masalah tren, kompetitor, dan strategi pemasaran.

Tips Memilih Supplier Bubuk Minuman yang Tepat

Pertanyaan yang muncul kemudian, dari mana mendapatkan bahan baku minuman bubuk untuk dijual kembali? Kamu wajib memilih distributor dengan kriteria sebagai berikut:

1. Memiliki Legalitas Perusahaan dan Merek Dagang BPOM

Ini masih sering dianggap sepele oleh calon pengusaha yang hendak berbisnis serbuk minuman kiloan. Padahal legalitas perusahaan menjamin hak-hak masyarakat sebagai konsumen jika terjadi tindak penipuan atau hal merugikan lainnya.

Sedangkan, merek dagang BPOM merupakan jaminan produk yang digunakan sudah sesuai standar keamanan pangan di Indonesia. Baik dari segi pemilihan bahan baku, produksi, pengemasan, hingga distribusi.

2. Harga Produk Murah, tapi Kualitas Unggulan

Jangan mudah tergiur dengan harga produk yang terlalu murah sedangkan kualitasnya buruk. Masih ada distributor yang memasarkan produk-produk dengan harga miring tanpa mengabaikan kualitas akibat hanya mengejar kuantitas.

3. Menawarkan Varian Produk yang Lengkap dan Beragam

Kamu wajib bekerja sama dengan pemasok bahan baku bubuk minuman yang memproduksi aneka macam varian secara lengkap dan tidak berhenti menciptakan rasa-rasa baru. Hal tersebut akan membantu kamu memenuhi keinginan pasar konsumen minuman kekinian.

4. Berpengalaman dan Akses Mudah

Selalu utamakan distributor yang mempunyai banyak pengalaman di industri serbuk minuman kiloan. Supplier yang sudah malang melintang dalam bisnis ini tidak sekadar jual bubuk minuman coklat dan semacamnya saja, melainkan juga siap membimbingmu dalam menjalankan usaha hingga sukses.

Selain itu, penting untuk memilih distributor yang mudah diakses, baik secara online maupun offline. Jadi, transaksi secara daring maupun datang langsung ke cabang pabrik terdekat tidak jadi soal. Khususnya mengingat kadang ada kendala terkait ekspedisi.

Japo, Distributor Minuman Serbuk Andalan

Kesulitan menemukan supplier bubuk minuman sesuai dengan kriteria di atas? Kamu tidak perlu khawatir, karena Japo merupakan pilihan yang tepat. Berikut deretan alasan pendukung untuk bekerja sama dengan Japo:

  • Mempunyai lebih dari 6 tahun pengalaman di bisnis minuman bubuk.
  • Ada sertifikat DINKES PIRT serta label halal dari MUI.
  • Produk premium dengan varian rasa paling lengkap dan harga paling murah.
  • Rasa produk enak tanpa menyisakan after taste.
  • Proses produksi higienis dengan pemilihan kemasan yang menarik.
  • Mempunyai pabrik produksi sendiri alias produsen tangan pertama.
  • Memiliki ribuan mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, JAPO juga open keagenan. Jadi, apabila ingin menjadi agen bubuk minuman, bergabung bersama JAPO akan menjadi solusi terbaik.

Tertarik untuk Berbisnis Serbuk Minuman Kiloan?

Sektor usaha minuman kekinian, baik yang pasarannya melalui merek individu, sistem waralaba, kafe, dan rumah makan terus bertumbuh. Terlebih di Indonesia, kebutuhan pasar sangat tinggi karena mengonsumsi minuman kekinian termasuk dalam penghargaan diri (self-reward).

Tidak mengherankan bila tingkat konsumsi minuman aneka rasa dari usia produktif sangatlah besar. Terlebih jika kamu bekerja sama dengan JAPO sebagai supplier serbuk minuman yang tidak sekadar bermitra. Namun, juga menyediakan pendampingan untuk kesuksesan usaha.