Bagikan artikel ini
Dalam menjalankan bisnis waralaba diperlukan strategi bisnis franchise agar sukses. Strategi pengembangan bisnis ini penting dipahami karena pangsa pasar akan terus berubah dan berkembang. Jadi pemilik usaha harus bisa menyesuaikan.
Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai apa saja strategi yang tepat untuk bisnis franchise sehingga penjualan bisnis Anda bisa terus laris manis.
Daftar isi
Strategi Bisnis Franchise
Berikut ini beberapa strategi untuk mengembangkan bisnis franchise milik Anda di tengah ramainya pasar bisnis waralaba di Indonesia.
1. Melakukan Identifikasi Pasar
Strategi pertama dalam mengembangkan bisnis franchise adalah dengan selalu melakukan identifikasi permintaan pasar. Jika Anda menjual produk yang tidak sesuai atau sudah tidak diminati oleh pasar, maka akan sulit memperoleh keuntungan.
Sebagai contoh, jika target pasar Anda merupakan mahasiswa dan pekerja kantoran, maka Anda bisa menjual produk dengan harga yang terjangkau. Berbeda jika Anda memiliki target pasar orang yang menengah ke atas, maka produk bisa dijual dengan harga tinggi.
Selain berkaitan dengan harga, identifikasi pasar juga berkaitan dengan minat atau daya beli masyarakat. Contoh, jika Anda membuka outlet di daerah dengan suasana yang dingin, maka pasar cenderung lebih menyukai minuman atau makanan yang hangat.
Lain halnya jika Anda membuka outlet di daerah dengan suasana yang panas, maka permintaan pasar cenderung lebih menyukai minuman atau makanan yang dingin dan menyegarkan.
Jadi, perhatikan pasar bisnis Anda jika ingin usaha terus berkembang dan menghasilkan keuntungan yang besar.
2. Melakukan Promosi
Strategi kedua dalam mengembangkan bisnis franchise yaitu selalu melakukan promosi dengan menggunakan berbagai peluang. Yang dimaksud dengan melakukan promosi di berbagai peluang adalah memanfaatkan berbagai media promosi.
Proses promosi bisa dilakukan secara online dan tradisional. Cara online bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat.
Promosi yang dilakukan melalui sosial media bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan anak muda. Anda bisa menggunakan platform seperti instagram, twitter, facebook, telegram, whatsapp dan lain sebagainya.
Sedangkan, promosi secara tradisional merupakan promosi yang dilakukan dengan menawarkan secara face to face membawa poster atau brosur yang digunakan untuk memasarkan produk Anda.
3. Memastikan Pelayanan yang Baik
Strategi kedua dalam mengembangkan bisnis franchise adalah dengan selalu memastikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Pelanggan merupakan aspek yang paling penting dalam pengembangan sebuah usaha.
Jika pelayanan yang Anda berikan tidak baik, maka pelanggan tidak akan kembali ke outlet Anda bagaimanapun enaknya produk yang Anda jual. Sehingga, memastikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan membuat pelanggan puas.
Pelanggan sendiri menjadi kunci dalam kesuksesan suatu bisnis. Jadi jangan pernah menyepelekan opini konsumen dan senantiasa mau menerima kritikan dari konsumen apabila Anda ingin bisnis franchise milik Anda terus berkembang.
4. Selalu Memastikan Kualitas Produk
Strategi bisnis Franchise yang keempat agar bisnis Anda sukses adalah dengan selalu memastikan bahwa kualitas produk yang dijual sesuai dengan standar dan berkualitas baik.
Inti dari berbisnis dengan menggunakan sistem franchise atau waralaba adalah rasa dan kualitas produk yang dijual dengan merek tersebut akan selalu sama di outlet manapun dan siapapun yang mengelola outlet tersebut.
Sistem bisnis franchise atau waralaba memberikan keuntungan karena rasanya yang selalu sama di semua outlet sehingga menciptakan customer experience yang sama. Namun, ini tidak akan tercapai jika Anda tidak melakukan kontrol terhadap kualitas produk.
Kontrol kualitas produk sebaiknya dilakukan secara berkala baik untuk bisnis yang sudah berjalan dan maju atau yang baru memulainya.
Jika rasa produk outlet Anda tidak sesuai dengan standar, maka memperbesar kemungkinan bisnis Anda merugi dan kontrak dengan perusahaan penyedia merek waralaba diputus.
5. Membuat Tim yang Solid
Strategi kelima dalam mengembangkan bisnis franchise adalah membuat tim operasional yang solid untuk bisnis Anda. Sumber daya manusia menjadi salah satu kunci sukses dalam pelaksanaan sebuah bisnis. Cara membuat tim yang solid diantaranya adalah:
a. Pilihlah sumber daya manusia yang sudah berpengalaman di bidangnya. Contoh, jika Anda membutuhkan juru masak, maka pilihlah calon karyawan yang pintar memasak dan sudah memiliki pengalaman di bidang tersebut.
b. Anda sebagai pemilik harus mengelompokkan atau mendefinisikan job description setiap karyawan dengan baik sehingga tidak ada karyawan yang double job desk atau pekerjaan yang tidak terselesaikan.
Namun, apabila Anda memulai bisnis tanpa karyawan dan belum memiliki pengalaman di bidang mengelola usaha. Maka, Anda bisa belajar dengan orang yang sudah berpengalaman di bidang ini sehingga bisa menciptakan bisnis dengan pelaksanaan yang baik.
6. Mengelola Testimoni dan Rating Google dengan Baik
Strategi keenam dalam mengembangkan bisnis franchise adalah dengan mengelola testimoni dan rating google dengan baik. Keduanya bisa dijadikan media promosi dalam bentuk online dan sebetulnya tidak susah mengelolanya.
Testimoni sendiri merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mendapatkan trust konsumen. Anda bisa memiliki akun instagram bisnis dan kemudian memposting testimoni pelanggan dengan komentar yang positif.
Dengan demikian, orang yang mencari profil bisnis Anda akan melihat testimoni tersebut dan menumbuhkan rasa percaya terhadap pelayanan dan kualitas produk yang baik akan bisnis atau outlet Anda.
Untuk rating google, Anda bisa memberikan pin lokasi outlet Anda di google maps, kemudian jika ada pelanggan yang memberikan penilaian positif dan bintang lima, Anda sebagai pemilik bisa meninggalkan reply untuk menciptakan kesan positif.
Dengan demikian, jika ada orang yang mencari outlet Anda di google atau google maps kemudian melihat ratingnya yang bagus, akan semakin meningkatkan minat dan kepercayaan calon pelanggan.
7. Lakukan Inovasi
Strategi bisnis franchise yang ketujuh agar bisnis Anda sukses yaitu melakukan inovasi secara berkala. Kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah selalu mau mengevaluasi dan berinovasi dalam menjalankan bisnis di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat.
Tanpa melakukan inovasi, bisnis Anda tidak akan berkembang dan akan tenggelam karena tidak mengikuti trend atau permintaan pasar. Selain inovasi, evaluasi dibutuhkan karena setiap menjalankan bisnis pasti ada kekurangannya.
Dengan melakukan evaluasi dan perbaikan, Anda bisa terus mengembangkan bisnis sehingga sesuai dengan kemauan dan permintaan pasar. Selain itu, Anda bisa menjadikan sesuatu yang awalnya sebuah kekurangan menjadi sebuah kelebihan bisnis Anda.
Masuk ke dunia bisnis memang tidak semudah yang dilihat, sangat banyak hal yang harus dilakukan, dipahami, dan dijalankan dengan baik oleh Anda sebagai pemilik bisnis. Hal ini bertujuan agar bisnis Anda bisa terus berkembang dan laris manis mendatangkan keuntungan.
Beberapa strategi bisnis franchise di atas bisa Anda gunakan dan praktekan secara langsung untuk mengembangkan bisnis. Bisnis yang selalu berkembang dan berinovasi akan dengan mudah mendatangkan keuntungan dan bertahan di tengah persaingan pasar yang kejam.