Tren Kafe Kekinian yang Bisa di Contoh - Bubuk Minuman JAPO

Tren Cafe Kekinian yang Bisa Kamu Contoh

Bagikan artikel ini

Cafe kekinian menjadi salah satu trend bisnis saat ini dimana tidak hanya menyajikan minuman kekinian tetapi juga menyajikan lokasi atau tempat yang bisa digunakan untuk mengerjakan tugas, nongkrong, atau menyelesaikan pekerjaan.

Membuka bisnis cafe minuman kekinian tidak bisa sembarangan karena konsep bisnis juga sangat berpengaruh apakah banyak konsumen yang tertarik dengan cafe Anda atau tidak.

Disini kita akan membahas mengenai beberapa hal agar cafe kekinian Anda sesuai dengan tren masa kini.

Membuat Cafe Kekinian Sesuai Tren Masa Kini

Beberapa pembahasan di bawah ini akan membantu Anda dalam proses perencanaan sebuah bisnis minuman yang jika direncanakan dengan baik, maka akan mendatangkan keuntungan yang besar dan menjanjikan.

1.   Harus memiliki konsep yang unik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan konsep usaha atau bisnis Anda. Menentukan konsep saja tidak cukup sebatas Anda memilih konsep tertentu, namun pastikan konsep yang dibuat haruslah unik.

Keunikan konsep ini akan membawa bisnis Anda mudah diingat oleh konsumen karena berbeda dari kompetitor lainnya. Konsep ini akan dijadikan panduan Anda dalam menentukan harga, menu, dan bentuk cafe milik Anda.

Contohnya, jika Anda mengusung konsep cafe untuk pekerja, maka siapkan cafe dengan tempat duduk yang nyaman, wifi yang cepat, serta nuansa cafe yang workable. Sebaliknya, jika Anda mengusung konsep cafe untuk nongkrong, maka cafe dikemas secara modern.

2.   Desain Cafe yang Instagrammable

Hal kedua agar Anda bisa menciptakan cafe yang sesuai dengan tren masa kini adalah membuat desain cafe baik interior maupun eksterior yang instagramable.

Lokasi cafe yang strategis kemudian didukung dengan desain yang instagramable bisa meningkatkan engagement cafe milik Anda. Pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman yang tersedia sambil menikmati pemandangan bangunan cafe yang indah.

Anda bisa mengusung konsep bangunan tertentu seperti vintage ala Eropa atau industrial. Namun, jangan lupakan juga segi kenyamanan juga harus diutamakan selain segi desain yang harus indah dipandang mata.

3.     Memberikan Fasilitas Pendukung

Hal ketiga agar Anda bisa menciptakan cafe yang sesuai dengan tren masa kini yaitu dengan memberikan fasilitas pendukung seperti AC, wifi, tempat duduk yang nyaman, alat bermain seperti kartu atau lego, kebersihan yang baik dan lain sebagainya.

Semua hal tersebut sangat penting sebagai kelengkapan cafe kekinian milik Anda. Karena tren yang berkembang saat ini adalah menikmati secangkir kopi atau minuman kekinian dengan menghabiskan waktu sembari bekerja atau belajar.

Jadi membuat outlet atau cafe Anda senyaman mungkin akan menarik minat pembeli untuk menghabiskan banyak waktu di cafe Anda. Jika mereka bisa bertahan lama di cafe Anda, maka pasti akan banyak memesan makanan atau minuman dari cafe Anda.

4.     Melakukan Riset Pasar Secara Berkala

Hal keempat agar Anda bisa menciptakan cafe kekinian yang sesuai dengan tren masa kini adalah terus melakukan riset pasar.

Riset pasar merupakan kegiatan menganalisis kelayakan pemasaran baik produk atau jasa yang baru dikeluarkan ke masyarakat. Disini kegiatan dilakukan secara sistematis dengan mengumpulkan data pemasaran, data kompetitor, minat pasar, dan lain sebagainya.

Ruang lingkup riset pasar yang ideal meliputi:

a.     Produk

Hal yang perlu dilihat dan diamati disini berhubungan dengan nilai, bentuk, tampilan, kegunaan produk yang akan dijual. Apakah produk tersebut sudah layak jual dan bisa bersaing di antara kompetitor yang sejenis.

b.     Menentukan Harga Jual

Hal kedua yang perlu ditentukan dan diamati adalah harga jual produk Anda, apakah harga jual produk Anda sudah sesuai dengan daya beli konsumen dan seberapa besar peluang produk Anda laku di pasaran dengan harga jual tersebut.

c.      Konsumen

Hal ketiga yang perlu dianalisis adalah mengenai konsumen yaitu target pasar bisnis Anda. Disini Anda menganalisis apa saja produk atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dan melihat peluang pasarnya.

d.     Metode Pemasaran

Hal terakhir yang perlu dianalisis adalah mengenai metode pemasaran. Anda harus mengamati dan menentukan metode pemasaran apa dan bagaimana yang paling sesuai dengan bisnis cafe kekinian milik Anda.

Fungsi riset pasar diantaranya adalah:

a.     Understanding

Fungsi yang pertama adalah understanding dimana memiliki arti bahwa riset pasar berfungsi untuk memahami dan mengenali konsumen. Disini Anda bisa melihat preferensi konsumen secara spesifik dengan melakukan riset pasar.

Dengan memahami preferensi konsumen, maka Anda bisa menghasilkan sebuah produk yang sesuai keinginan dan menjawab kebutuhan konsumen.

b.     Evaluating

Fungsi yang kedua adalah evaluating dimana memiliki arti bahwa riset pasar berfungsi untuk mengevaluasi pelayanan dan produk milik Anda berdasarkan penilaian konsumen setelah mencoba cafe milik Anda.

Dengan adanya evaluasi, maka akan mudah melakukan perbaikan sehingga sisi kekurangan di cafe Anda bisa diubah menjadi sebuah kelebihan.

c.      Predicting

Fungsi yang ketiga adalah predicting dimana memiliki arti bahwa riset pasar berfungsi untuk memprediksi apa yang pasar butuhkan di masa mendatang.

Disini Anda bisa menggunakan prediksi tersebut sebagai sebuah peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Jika Anda bisa tepat dalam merumuskan prediksi, maka Anda sudah berada satu langkah di depan kompetitor lainnya.

5.     Menu yang Bervariasi

Hal kelima agar Anda bisa menciptakan cafe yang sesuai dengan tren masa kini adalah dengan memberikan pilihan menu yang banyak dan kekinian baik dari menu makanan atau minuman.

Menu makanan dan minuman yang bervariasi memungkinkan konsumen bisa menikmati menu makanan atau minuman Anda dengan pilihan yang banyak. Selain itu Anda juga bisa menerima konsumen dengan berbagai selera.

6.     Mengembangkan Media Sosial Bisnis

Hal keenam agar Anda bisa menciptakan cafe yang sesuai dengan tren masa kini adalah membuat akun media sosial dan mengembangkannya dengan menggunakan berbagai konten yang relevan dan menarik.

Konsumen cafe masa kini sebagian besar merupakan anak muda, mahasiswa atau pekerja yang sangat suka mengakses sosial media dimanapun dan kapanpun.

Jadi, metode pemasaran dengan menggunakan media sosial membuat bisnis Anda terlihat kekinian dan sesuai dengan tren masa kini. Tetapi, mengembangkan konten di sosial media bukanlah hal yang mudah.

Anda harus betul-betul menganalisis konten apa yang menarik dan relevan, jam berapa harus memposting konten, caption seperti apa yang menarik minat calon konsumen dan lain sebagainya.

Jika Anda belum memiliki ilmu dan pengalaman yang memadai, Anda bisa mempekerjakan karyawan yang sudah berpengalaman dalam hal content creator sehingga hasil pemasaran akan terasa semakin maksimal.

 

Dengan banyaknya kompetitor dan persaingan bisnis yang sangat ketat dalam hal cafe kekinian, membuat Anda harus bisa mengikuti permintaan pasar. Jika Anda kurang kreatif, maka bisnis bisa mengalami kebangkrutan.

Beberapa hal yang sudah di bahas di atas bisa membantu Anda dalam menciptakan cafe kekinian dengan tren masa kini sehingga bisnis Anda bisa tetap laris manis dan menghasilkan banyak keuntungan.

Untuk memastikan cafe kekinianmu selalu menyajikan minuman premium yang berkualitas tinggi, pertimbangkan untuk menggunakan bubuk minuman premium dari JAPO. Dengan bahan baku yang berkualitas, kamu dapat menjaga konsistensi rasa minumanmu, memberikan pengalaman yang memuaskan bagi para pelangganmu, dan memenuhi harapan konsumen yang semakin tinggi terhadap rasa dan kualitas. Dengan demikian, bisnismu akan selalu sesuai dengan tren masa kini dan tetap menarik bagi pelanggan setiamu.