Kafe Kecil

Tips Buka Kafe Kecil yang Menarik

Bagikan artikel ini

Peluang bisnis kafe kecil masih cukup menjanjikan, terlebih saat ini nongkrong di cafe sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kota.

Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka mini kafe tanpa perlu mengeluarkan modal dalam jumlah banyak. Meski modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, namun potensi keuntungannya bisa maksimal. TerBagi Anda yang sedang bingung mencari peluang usaha dengan modal terbatas, mengapa tidak mencoba untuk membuka kafe kecil?utama jika Anda menerapkan strategi bisnis yang tepat dan efektif.

Peluang Usaha Cafe Kecil

Bisnis cafe saat ini banyak dilirik oleh pelaku usaha karena prospeknya masih bagus dan menjanjikan. Kafe menjadi tempat untuk berkumpul atau sekedar bersantai melepas penat dan menikmati suasana. Tidak heran jika kafe selalu ramai pengunjung dan bisnis cafe pun semakin menjamur.

Bisnis kafe memang sangat menarik untuk dikembangkan karena memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya ketika Anda memutuskan untuk membuka kafe dengan konsep cafe kecil sederhana dan minimalis. 

Selain menu makanan dan minuman yang mudah dibuat, modal untuk membuka usaha kafe juga cukup terjangkau sehingga tidak akan menguras tabungan Anda. Selain itu, potensi keuntungan yang akan didapatkan dari bisnis ini juga lumayan besar. 

Strategi Bisnis Membuka Kafe Kecil

Untuk menjalankan bisnis kafe meskipun kecil-kecilan, tetap dibutuhkan strategi bisnis yang tepat agar usaha yang dikembangkan bisa semakin maju dan mendatangkan keuntungan yang maksimal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa strategi yang perlu dilakukan.

A. Melakukan Riset Bisnis Kafe

Sebelum membuka bisnsi kafe, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu dengan cara mendekati pelaku usaha yang telah sukses membangun bisnis kafe dari nol. Anda bisa belajar dari pengalaman mereka dan mendapatkan pengetahuan bisnis yang dibutuhkan.

Anda juga perlu mengetahui keunggulan yang ditawarkan kafe dan mencari hal berbeda yang akan diunggulkan di kafe Anda nantinya. Selain itu, pelajari pula jam tersibuk dalam usaha ini serta karakter dan kebutuhan para pelanggan kafe.

B. Menentukan Visi Usaha

Strategi kedua yang harus dilakukan adalah menentukan apa yang menjadi tujuan dari bisnis kafe kecil yang akan dirintis. Anda bisa mulai mengumpulkan berbagai ide desain kafe, menu, hingga foto untuk dijadikan inspirasi ketika akan membuka bisnis kafe.

Visi usaha yang jelas dan terarah akan memudahkan Anda dalam menentukan dekorasi kafe, menentukan brand dan nama kafe, merencanakan menu makanan hingga konsep pelayanan kepada pelanggan.

C. Membuat Perencanaan Bisnis

Strategi selanjutnya adalah membuat perencanaan bisnis secara detail dan terperinci sehingga akan memudahkan Anda dalam memahami pasar lokal serta besaran modal untuk memulai usaha tersebut.

Rencana bisnis tersebut nantinya akan membantu Anda dalam mengelola usaha yang tengah dirintis sehingga lebih terarah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Termasuk bagaimana menyusun, mengelola dan mengembangkan bisnis secara efektif.

D. Memilih Lokasi Strategis

Jika perencanaan bisnis Anda sudah matang, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi yang akan digunakan untuk membangun usaha. Pastikan memilih lokasi yang strategis, mudah diakses dan dekat dengan pusat keramaian.

Anda juga perlu mempertimbangkan area untuk parkir kendaraan agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Jika lokasi rumah Anda cukup strategis dan luas, maka membuka kafe kecil depan rumah bisa menjadi pilihan yang menarik karena tidak perlu sewa tempat lagi.

E. Menentukan Pemasok Terbaik

Salah satu kunci utama dalam mengembangkan bisnis kafe adalah menemukan pemasok terbaik. Seperti supplier bubuk minuman, bahan makanan, produk segar, roti dan lain sebagainya.

Sebagai langkah awal, Anda bisa menyusun daftar persediaan yang diperlukan secara detail dan mulai memilih pemasok yang terpercaya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain itu, membeli bahan baku makanan dan minuman secara grosir juga akan lebih menguntungkan.

F. Menyiapkan Peralatan

Dalam hal peralatan dan perlengkapan usaha kafe ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan alternatif. Yaitu membeli semua peralatan kafe secara langsung menggunakan modal yang telah disiapkan atau menyewa peralatan melalui jasa penyewaan yang ada.

Meskipun pilihan untuk menyewa atau bahkan meminjam peralatan bisa saja dilakukan, namun akan lebih baik jika Anda membelinya. Karena dengan membeli, hal itu sekaligus bisa sebagai bentuk investasi. Misalnya saja blender, pemanggang kopi, kulkas, mesin kasir dan lain-lain.

G. Desain Cafe Kecil

Dekorasi kafe yang unik dan artistik akan menarik perhatian pelanggan sehingga penasaran untuk datang. Dalam mendesain kafe ini sebaiknya Anda mempertimbangkan selera pelanggan. Meski begitu Anda tetap harus memilih satu tema utama sebagai identitas kafe.

Dalam hal ini penting juga untuk mempertimbangkan desain papan nama, etalase, pencahayaan, serta pemilihan furniture di kafe kecil Anda. Lakukan juga evaluasi terhadap efisiensi tata letaknya berdasarkan perspektif pelanggan dan karyawan.

Atau kalau mau konsep kafe lesehan juga tidak kalah menarik, karena mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi pelanggan yang datang. Dengan konsep ini maka kebutuhan untuk membeli furniture bisa lebih ditekan.

H. Menentukan Menu

Strategi lainnya yang tidak kalah penting adalah menentukan menu yang menjadi identitas serta mampu mengekspresikan visi dan tema kafe. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal mulai dari pemilihan makanan, warna dan jenis huruf, deskripsi, gambar dan harganya.

 

Sebaiknya pilihlah menu di cafe kecil yang memiliki daya tarik dan ciri khas tersendiri dengan melakukan inovasi terhadap menu yang sudah ada. Selain itu, Anda juga perlu menghitung biaya untuk pembelian bahan dan margin dari setiap barang.

I. Mempekerjakan Orang yang Tepat

Mungkin Anda akan mencari karyawan yang sudah berpengalaman, namun hal itu tentu harus sebanding dengan gaji yang diberikan. Dalam hal ini yang terpenting adalah menemukan orang yang tepat untuk diajak bekerjasama dalam tim sehingga bisa mencapai tujuan bisnis.

Anda juga bisa merekrut karyawan dengan sistem part-time untuk meminimalisir pengeluaran. Selain itu, sebagai pemilik kafe Anda tidak ada salahnya untuk terjun langsung dalam melayani pelanggan sehingga bisa menekan biaya untuk kebutuhan gaji karyawan.

J. Promosi

Menuju pembukaa kafe kecil milik Anda maka hal itu sekaligus sebagai momen yang paling tepat untuk membangun jaringan bisnis. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan promosi melalui media sosial sehingga kafe Anda akan cepat dikenal.

Bukan hanya memanfaatkan platform media sosial saja, maksimalkan eksistensi kafe Anda dengan mencantumkannya di Google Maps agar bisa langsung muncul di penelusuran. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memanfaatkan situs ulasan lainnya.

K. Menjalin Kerjasama dengan Investor

Strategi terakhir yang bisa dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan investor yang akan membuat modal Anda semakin bertambah dan bisa digunakan untuk meningkatkan kegiatan bisnis di kafe milik Anda.

Memulai usaha kafe kecil dengan modal yang terbatas bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa hanya dengan modal kecil bisnis kafe bisa sukses dan menghasilkan banyak keuntungan. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah siap untuk berbisnis kafe?