Tips Memilih Coklat Bubuk yang Enak untuk Minuman

Bagikan artikel ini

Coklat adalah salah satu makanan yang menjadi kegemaran banyak orang. Saking banyak penggemarnya, saat ini terdapat banyak makanan atau minuman dengan varian rasa coklat. Salah satunya adalah coklat bubuk untuk minuman.

Minuman coklat yang berbentuk bubuk ini kerap diminati masyarakat karena proses pembuatannya yang mudah dan praktis.

Namun, memilih coklat bubuk untuk membuat minuman juga tidak boleh sembarangan. Berikut kami sajikan tips memilih coklat bubuk yang baik untuk minuman.

Tips Memilih Coklat Bubuk untuk Minuman

Cara memilih coklat bubuk yang enak dan baik, sebenarnya susah-susah gampang. Sebab, hal tersebut terdapat banyak jenis minuman dengan klaim yang bermacam-macam. Anda harus aware dengan klaim palsu yang tidak sesuai dengan faktanya.

Memilih coklat bubuk juga harus disesuaikan dengan kondisi kita, misalnya jika sedang berdiet atau alergi pada susu. Simak baik-baik tips berikut ini!

1. Periksa Penggunaan Bubuk Coklat Terlebih Dahulu

Pada dasarnya, terdapat banyak jenis penggunaan bubuk coklat, seperti untuk minuman atau adonan kue. Untuk mengetahuinya, Anda harus cermat dalam mengamati kemasan bubuk coklat. Biasanya, keterangan penggunaan terletak pada bagian kiri bawah kemasan.

Disana akan tertulis apakah bubuk coklat dapat digunakan untuk minuman atau tidak. Jika dibuat khusus untuk minuman, Anda tidak perlu menambah bahan-bahan lain karena minuman coklat tersebut sudah mengandung bahan tambahan.

Apabila sedang menurunkan berat badan, jenis dark chocolate cocok untuk Anda karena tingkat lemak dan kalorinya tidak terlalu besar. Sedangkan, bagi yang menyukai manis, maka jenis milk chocolate yang sudah ditambah gula menjadi pilihan yang tepat.

2. Pilih Kandungan Gula yang Cukup

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, anak-anak berusia 7-12 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi gula sekitar 4-8 sendok teh per harinya. Oleh karena itu, pastikan bubuk coklat yang dikonsumsi sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan.

Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi milk chocolate karena sudah terdapat banyak gula tambahan dan mengandung lebih banyak lemak.

3. Periksa Jumlah Susu yang Terkandung

Bagi Anda yang mengalami alergi laktosa, maka tidak disarankan untuk mengonsumsi coklat bubuk untuk minuman yang sudah terdapat susu didalamnya. Sebab, laktosa yang terkandung dapat memicu alergi dan menimbulkan gejala yang tidak diinginkan.

Sedangkan, untuk yang menyukai manis dan tidak memiliki masalah dengan produk susu, maka milk chocolate ini akan cocok untuk Anda. Jadi, perhatikan baik-baik sebelum membeli coklat bubuk untuk minuman supaya bisa mencegah hal-hal buruk yang terjadi.

4. Pastikan Coklat yang Terkandung Bukan Perisa

Selain kadar gula dan susu, komposisi lain yang terkandung dalam coklat bubuk minuman juga perlu diperiksa. Tujuannya untuk memastikan bahwa coklat yang terkandung bukan hanya sekadar perisa saja, tetapi betul-betul kakao asli.

Pasalnya, rasa coklat yang berasa dari kakao asli jauh lebih lezat dibandingkan dengan perisa coklat. Untuk memeriksanya, Anda bisa melihat pada bagian komposisi produk.

5. Pilih Merek dengan Kualitas Coklat yang Baik

Pada pasar, terdapat banyak merek minuman coklat bubuk yang dapat Anda temui. Namun, tidak semua merek memiliki kualitas yang baik. Baiknya, Anda memilih minuman coklat bubuk yang mengandung kakao 70-85%

Walaupun coklat bubuk yang berkualitas harganya sedikit mahal, tetapi rasa dan aroma yang dimiliki sudah pasti terjamin. Selain itu, coklat bubuk yang berkualitas memiliki dampak negatif bagi kesehatan yang relatif rendah.

Anda perlu tahu bagaimana rasa dari bubuk coklat untuk minuman yang paling pas. Pilih yang memang banyak disukai oleh banyak orang. Untuk rasa minuman coklat yang enak, Anda juga bisa mendapatkan bubuk minuman coklat yang berkualitas pada beberapa supplier bubuk minuman coklat.

6. Pilih yang Mampu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Tips terakhir yang tidak kalah penting yakni pilih coklat bubuk untuk minuman yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi. Umumnya, Anda bisa melihat “Informasi Nilai Gizi” atau “Nutrition Facts” pada bagian belakang kemasan.

Perlu diketahui, bahwa asupan gizi dibagi menjadi dua kelompok, yakni zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro adalah nutrisi yang dikonsumsi dalam jumlah banyak. Contohnya adalah karbohidrat, lemak, dan protein

Ketiga kandungan tersebut sangat perlu untuk diperhatikan, terutama bagi yang ingin menurunkan berat badan. Sedangkan, zat gizi mikro merupakan kebutuhan nutrisi yang perlu dikonsumsi dalam jumlah sedikit, tetapi juga penting, seperti yaitu vitamin dan mineral.

Jadi, pastikan bubuk minuman coklat yang akan Anda beli mengandung seluruh zat gizi penting, seperti yang sudah disebutkan.

Manfaat Coklat bagi Tubuh

Selain rasanya yang lezat, ternyata coklat juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh, lho. Hal ini tentunya membuat Anda semakin tertarik untuk mencicipi minuman coklat, bukan? Berikut beberapa manfaat coklat bagi tubuh:

1. Meningkatkan Mood

Coklat dikenal mampu meningkatkan mood atau suasana hati. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat mampu menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan oleh tubuh ketika stress, serta merangsang otak untuk melepaskan hormon endorfin dan serotonin lebih banyak lagi.

Kedua hormon tersebut dikenal dengan hormon kebahagiaan atau mampu membuat Anda merasa bahagia.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Flavonoid yang terkandung dalam coklat memiliki peran dalam mengontrol kadar gula darah. Oleh sebab itu, coklat baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes dan resistensi insulin.

Namun, Anda harus cermat dalam memilih coklat bubuk untuk minuman yang akan dikonsumsi karena beberapa jenis coklat bubuk sudah diberi gula tambahan yang justru menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan.

3. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung

Coklat mampu memperlancar aliran darah sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Jadi, coklat menjadi salah satu makanan yang baik untuk mencegah stroke dan penyakit jantung.

Hal tersebut disebabkan karena coklat mengandung zat yang bernama flavonoid. Untuk mengetahui seberapa efektif coklat dalam mencegah penyakit tersebut, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Antioksidan yang terkandung di dalam coklat dipercaya mampu mencegah kerusakan sel yang menjadi penyebab dari penyakit kanker. Dalam sebuah studi, disebutkan bahwa seseorang yang terbiasa mengkonsumsi coklat dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Namun, studi terkait efek antikanker pada coklat masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mengendalikan Nafsu Makan

Mengkonsumsi coklat ketika sebelum atau sesudah makan dinilai mampu memberikan efek kenyang. Oleh sebab itu, mengkonsumsi coklat dapat mengendalikan nafsu makan, serta dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan lain secara berlebih yang dapat memicu bertambahnya berat badan.

Dengan memilih coklat bubuk untuk minuman dengan tepat, Anda pun bisa menikmati minuman coklat dengan nikmat. Anda juga bisa membuat berbagai macam kreasi minuman coklat, seperti milkshake, smoothies, dan lain-lain. Namun, tetap batasi konsumsi coklat maksimal 20 gram setiap harinya, ya.

Ingin membuka usaha coklat bubuk untuk minuman, Anda bisa percayakannya pada penjual bubuk minuman coklat terpercaya. Tidak perlu ragu karena bahan yang digunakan sudah pasti terjamin dan sangat cocok untuk jualan.