Peluang Usaha Minuman Ice Blend Beserta Strategi Penjualannya

Peluang Usaha Minuman Ice Blend Beserta Strategi Penjualannya

Bagikan artikel ini

Ice blend adalah salah satu peluang usaha yang belakangan ini sedang banyak dibicarakan. Selain karena memiliki peluang yang besar, modal usaha untuk bisnis ini terbilang cukup terjangkau. Bahkan terbilang lebih minim daripada bisnis minuman lainnya. Penasaran dengan bisnis minuman ini? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut!

Potensi Bisnis Ice Blend

Bisnis ini sangat booming belakangan ini, karena memang memiliki potensi besar dari berbagai sisi. Bahkan beberapa potensi ini, menjadi alasan utama kenapa Anda harus mencoba bisnis ini. Berikut rangkuman potensinya:

1. Minat Pasar yang Besar

Alasan utama kenapa prospek bisnis ini memiliki peluang tinggi adalah karena minat pasar yang sangat besar. Bahkan, walaupun sudah booming sejak lama, permintaan dan minat pasar masih tidak kunjung surut.

Mungkin jika dulu Anda sering menemukan bisnis pop ice di sekitar, maka kini produk yang lebih banyak tersebar berasal dari agen bubuk minuman. Jadi, selain berpeluang untuk menjual produk minuman siap minum, Anda juga bisa menjadi supplier atau agen yang jual bubuk minuman.

2. Target Pasar Lebih Beragam

Pada dasarnya, bisnis ice blend memiliki target pasar yang lebih beragam. Bahkan, dengan strategi yang tepat Anda bisa masuk ke berbagai jenis pasar. Karena bisnis minuman ini bisa Anda masukkan ke pasar menengah ke atas maupun menengah ke bawah.

3. Memiliki Prospek Bisnis yang Menggiurkan

Bisnis minuman satu ini, memiliki prospek yang cukup menarik. Anda bahkan bisa menghasilkan keuntungan hingga 200% untuk setiap produk terjual. Sehingga untuk peluang balik modal dan berkembang juga semakin besar dan lebih cepat!

4. Berbagai Inovasi dari Sosial Media

Jika Anda hobi bermain media sosial dan menyukai topik seputar jajanan kekinian, pasti Anda akan menemukan berbagai inovasi menarik seputar minuman kekinian.

Inovasi tersebut bisa Anda terapkan sebagai ide bisnis dan mengembangkannya. Tentu saja, dari ide bisnis tersebut Anda harus tetap menyesuaikannya dengan bisnis ice blend yang Anda jalankan. Ini agar Anda bisa menghasilkan minuman unik dan baru.

5. Modal Lebih Terjangkau

Alasan paling besar kenapa bisnis ini cukup menggiurkan adalah karena membutuhkan modal yang cukup terjangkau. Apalagi sekarang sudah banyak agen bubuk minuman yang menjual produk dengan harga murah, serta lengkap dengan berbagai peralatan atau kemasan yang juga juga terjangkau.

Peralatan dan Bahan yang Anda Perlukan Beserta Harganya

Agar lebih menunjukkan besaran peluang dari bisnis ice blend, Anda bisa melihat penjabaran peralatan dan bahan yang diperlukan lengkap beserta harganya. Berikut rangkumannya:

1. Bubuk Minuman

Bahan utama dari minuman ini adalah bubuk yang bisa Anda dapatkan dari berbagai agen. Tergantung target bisnisnya, bubuk minuman terbagi dua, yaitu bubuk siap pakai dan juga yang plain. Jika ingin produk yang lebih berkualitas dengan peluang keuntungan lebih besar, Anda bisa menggunakan bubuk plain premium.

Salah satu rekomendasi penyedia bubuk minuman berkualitas yang bisa Anda gunakan dengan harga terjangkau adalah JAPO. Kemasan 1 kg dijual seharga Rp55.000,00. Umumnya, 1 kemasan bisa Anda gunakan untuk 50 sampai 65 cup. Jadi modal untuk 1 cup adalah sekitar Rp850,00 hingga Rp1.100,00 saja.

2. Bahan Tambahan

Selain bubuk minuman, bahan utama dari produk ini adalah gula, air, es batu, dan juga topping untuk menarik konsumen dalam menikmati kesegaran minuman ice blend. Beberapa produk ini harganya cukup terjangkau, Anda bisa lihat perkiraan harga ini:

  • Gula 1 kg: Rp12.000,00 (± untuk 50 cup @ Rp240,00).
  • Es batu 1 pack: Rp10.000,00 (± untuk 200 cup @ Rp50,00).
  • Air mineral 1 galon: Rp20.000,00 (± untuk 100 cup @ Rp200,00).
  • Topping bisa bervariasi tergantung selera, Anda bisa berikan meses, cream, choco chips, dan buah. Perkiraan untuk 1 cup, kurang lebih tidak lebih dari Rp1.500,00

3. Cup Berlogo dan Lid Cup

Agar kemasan lebih estetik, Anda bisa menggunakan kemasan dengan logo. Selain lebih menarik, produk yang Anda jual akan terlihat lebih premium. Harga dari cup berlogo sendiri cukup bervariatif. Umumnya, dengan harga Rp500,00/cup saja Anda sudah dapat produk kemasan premium.

Lalu, untuk penutupnya, ada baiknya Anda beralih menggunakan lid cup atau penutup sealer. Karena lebih kuat dan anti tumpah dengan kisaran harga Rp50.000,00 (polos) hingga Rp200.000,00 (logo). 1 roll lid cup bisa untuk 1.000 cup, sehingga 1 cup hanya butuh modal Rp50,00 hingga Rp200,00 saja.

4. Blender

Lalu, untuk peralatan Anda akan butuh blender. Alat ini menjadi peralatan utama untuk membuat minuman yang akan dijual. Blender sendiri harganya beragam mulai dari Rp150.000,00 hingga Rp600.000,00. Tergantung kualitas dan cara penggunaannya, 1 peralatan bisa Anda gunakan hingga puluhan ribu cup.

5. Cup Sealer

Peralatan untuk bisnis ice blend berikutnya adalah cup sealer, yang bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga Rp450.000,00 (bekas) hingga Rp1.500.000,00 (baru). Alat ini berguna untuk merekatkan lid cup dengan cup atau kemasan dari produk yang Anda jual.

6. Tempat Berjualan

Hal lain yang tak kalah penting adalah tempat Anda berjualan. Dalam hal ini, Anda bisa gunakan milik pribadi maupun sewa. Beberapa pengusaha biasanya memilih menggunakan mini booth yang moveable untuk memudahkan mobilitas. Mini booth sendiri rata-rata akan memakan modal hingga Rp1.000.000,00.

Tips Menjalankan Bisnis Ice Blend

Ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk meningkatkan potensi bisnis minuman kekinian ini, seperti:

  • Pilih tempat yang paling strategis.
  • Jaga kehigienisan dalam berjualan.
  • Gencarkan promosi baik offline maupun online.
  • Riset produk dan target pasar, pastikan Anda menjual produk dengan interest tertinggi.
  • Lakukan inovasi secara bertahap dan sesuaikan dengan keinginan pasar.
  • Ikuti event atau bazar makanan dan minuman.

Tertarik untuk Buka Usaha Ice Blend Anda Sendiri?

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai peluang, hingga perkiraan modal yang harus Anda tanggung jika ingin berbisnis ice blend. Melihat peluang dan modal tersebut, tak heran kenapa bisnis ini cukup menarik untuk Anda jalankan, bukan? Jangan lupa untuk menggunakan bubuk dari JAPO untuk menunjang kualitas produk Anda!