10 Tips Memilih Supplier Bubuk Minuman untuk Usaha Minuman Kekinian

10 Tips Memilih Supplier Bubuk Minuman untuk Usaha Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Sebelum memulai usaha kuliner dan minuman, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tips memilih supplier bubuk minuman, tujuannya agar minuman yang Anda jual memiliki kualitas yang tinggi. Pemilihan pemasok bahan ini adalah hal penting yang wajib Anda pertimbangkan untuk menyesuaikan jenis minuman nantinya yang akan Anda jual.

Selain itu, pemilihan powder minuman ini juga akan mempengaruhi kualitas hasil olahan bisnis minuman Anda serta menentukan citra rasa yang menjadi menu andalan.

Lalu, bagaimana cara memilih pemasok powder minuman yang berkualitas? Agar tidak salah pilih, mari simak aritkel ini selengkapnya!

10 Tips Memilih Supplier Bubuk Minuman

Langsung saja, ini dia 10 tips untuk memilih pemasok powder minuman yang wajib Anda ketahui sebelum membelinya:

1. Mempunyai Kualitas Terbaik

Syarat utama dalam tips memilih pemasok powder minuman, yaitu terletak pada kualitas produknya. Biasanya, Anda sudah dapat melihat kualitas powder dari tekstur luar bubuk minuman tersebut. Jika teksturnya lembut dan halus, sudah bisa Anda pastikan bahwa bahan powder tersebut aman dan berkualitas tinggi.

Pada umumnya, powder yang berkualitas tidak hanya enak dari segi rasa saja. Namun, aman dan sehat saat dikonsumsi serta terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan bahan kimia yang berlebihan. Kemudian, tekstur powder berkualitas juga sangat berbeda dengan powder murahan secara garis besar.

Begitu juga aroma serta daya tahan powder, pastikan juga kualitas bahan dari supplier bubuk minuman Anda selalu terjaga dan konsisten. Artinya, powder tersebut tidak berubah rasa, aroma, tekstur, serta daya tahannya. Kualitas yang konsisten inilah yang nantinya akan membangun citra usaha food and drink Anda.

2. Mempunyai Harga Terjangkau

Tips memilih supplier bubuk minuman kedua adalah dengan memilih produsen dengan harga yang terjangkau. Pada dasarnya, bahan baku yang memiliki kualitas tinggi tidak selalu bahan dengan harga yang mahal. Banyak produsen yang jual bubuk minuman dengan harga terjangkau dengan kualitas tinggi.

Akan tetapi, di sisi lain Anda juga tidak boleh terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan tersebut. Pastikan terlebih dahulu kualitas produk dan sesuaikan antara kualitas dengan harga jual powder minuman tersebut. Kemudian, pertimbangkan juga budget Anda dan pilih powder sesuai dengan kebutuhan usaha minuman Anda.

3. Pilih Supplier Bersertifikasi Halal

Sertifikasi halal merupakan salah satu faktor dan tips untuk memilih supplier bubuk minuman. Hal ini sangat penting untuk menarik minat pelanggan Anda, terlebih Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk Islam.

Selain itu, sertifikasi MUI ini juga merupakan bukti kualitas produk yang ditawarkan oleh produsen powder minuman, karena telah teruji dan terbuat dari bahan yang 100 persen halal. Sertifikat MUI ini juga akan menjadikan kredibilitas bisnis Anda terjamin mutunya dan telah memenuhi standar bahan baku yang sesuai dengan nilai agama.

4. Pilih Supplier yang Memiliki Izin BPOM

Tips memilih supplier bubuk minuman selanjutnya adalah pilih produsen yang menjual bahan baku powder resmi dan berizin dari lembaga BPOM. Jika produsen memiliki izin resmi dari BPOM, maka sudah bisa Anda pastikan bahan baku powder yang mereka gunakan terbukti aman dengan kualitas terbaik.

Namun sebaliknya, jika produsen belum memiliki izin BPOM, maka Anda perlu mempertanyakan bahan baku pembuatan powder tersebut. Izin BPOM ini juga menjadi sebuah izin resmi yang menandakan bahwa produk tersebut telah teruji klinis dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Jadi, pastikan Anda membeli powder minuman dari produsen yang telah memiliki izin resmi dari BPOM, seperti Jakarta Powder.

5. Stok Jangka Panjang Selalu Tersedia

Dalam mengelola bisnis food and drink, konsistensi rasa adalah aspek yang sangat penting untuk menunjang kualitas produk di mata konsumen. Sehingga Anda wajib memilih supplier bubuk minuman yang menjual powder dengan stok jangka panjang, khususnya untuk varian tertentu yang menjadi menu utama di bisnis Anda.

Kemudian, Anda juga bisa membuat kerja sama dengan produsen tersebut, agar persedian bahan di bisnis Anda aman terkendali.

6. Berpengalaman

Selanjutnya, Anda juga wajib mempertimbangkan pengalaman dari produsen powder minuman yang akan Anda pilih. Jika produsen telah memiliki pengalaman, tentu saja produk yang mereka tawarkan juga sudah terbukti kualitasnya.

Anda juga harus mencari tahu asal usul dan struktur organisasi kepemilikan supplier bubuk minuman yang Anda pilih ini, demi mengetahui pengalaman produsen tersebut di bidang usaha minuman.

7. Kualitas Pelayanan

Pertimbangan berikutnya dalam tips memilih produsen penjual powder minuman adalah dengan mempertimbangkan kualitas pelayanan yang mereka tawarkan. Produsen yang bagus memiliki kualitas pelayanan yang profesional, karena kualitas pelayanan ini juga akan mempengaruhi bisnis minuman Anda.

Artinya, produsen tersebut mampu memenuhi seluruh stok kebutuhan varian powder minuman dan menjaga hubungannya dengan konsumen tetap. Selain itu, kualitas pelayanan ini juga mencakup dari segi konsistensi rasa. Kemudian, pastikan juga Anda memilih supplier bubuk minuman yang memiliki kualitas pelayanan yang cepat.

8. Pilih Supplier yang Menjual Powder dengan Banyak Varian Rasa

Dalam mengelola bisnis minuman, varian rasa merupakan senjata utama yang wajib Anda asah, agar bisa memikat hati para konsumen. Bahkan, varian rasa ini juga akan menjadi ciri khas tersendiri bagi para konsumen untuk mengetahui bahwa produk minuman tertentu merupakan produk ciri khas dari bisnis Anda.

Jadi, pastikan Anda memilih supplier bubuk minuman yang menjual powder dengan banyak varian rasa. Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa mencoba variasi baru dalam bisnis minuman Anda dengan cara mengkombinasikan 2 jenis varian berbeda dalam satu minuman untuk menciptakan rasa baru.

9. Cari Supplier yang Dekat dengan Lokasi Bisnis Anda

Tips selanjutnya dalam memilih pemasok powder minuman adalah harus mempertimbangkan faktor eksternal. Maksudnya, usahakan Anda memilih supplier bubuk minuman yang lokasinya tidak jauh dari tempat bisnis food and drink Anda.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pengiriman barang, terlebih lagi jika stok bahan baku minuman mulai menipis di saat bisnis minuman Anda sedang ramai pengunjung.

10. Menjadi Langganan

Setelah Anda menemukan produsen powder minuman berkualitas yang menurut Anda bagus, maka Anda bisa menjadikan produsen powder minuman tersebut sebagai langganan.

Namun, untuk menjadi produsen langganan, produk yang mereka tawarkan harus berkualitas dan sesuai dengan varian rasa yang Anda cari. Selain itu, pertimbangkan juga kesiapan produsen tersebut untuk memasok stok varian rasa tertentu dalam jangka panjang.

Yuk, Temukan Supplier Bubuk Minuman Berkualitas!

Nah, itu dia 10 tips dalam memilih supplier bubuk minuman yang berkualitas. Mulai dari menyediakan banyak varian rasa dengan kualitas terbaik, terdaftar di BPOM, bersertifikasi halal, lokasinya dekat dengan bisnis Anda, menawarkan kualitas pelayanan terbaik, hingga harga yang terjangkau.