Bubuk Cappucino: Pengertian, Jenis, dan Tips Memilihnya untuk Usaha

Bubuk Cappucino: Pengertian, Jenis, dan Tips Memilihnya untuk Usaha

Bagikan artikel ini

Cappucino kerap jadi minuman rasa favorit banyak kalangan. Peluang itu pun disambut baik oleh para pebisnis minuman olahan ini. Sehingga mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan bubuk cappucino yang terbaik. Hal itu bertujuan agar menghasilkan minuman cappucino yang berkualitas.

Selain kualitas, pengetahuan tentang jenis-jenis cappucino pun tidak boleh Anda lewatkan. Hal ini penting karena setiap jenisnya memiliki rasa dan penggunaan yang berbeda.

Jika sudah mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda akan semakin siap untuk membuka usaha minuman yang berkaitan dengan cappucino.

Asal-Usul Cappuccino

Pada dasarnya, cappucino masih menjadi bagian dari minuman kopi. Italia adalah negara yang pertama kali mempopulerkan cappucino. Namun, seiring berjalannya waktu, cappucino semakin banyak penggemarnya terlebih di kalangan anak muda.

Rasanya yang tidak pahit membuat siapa saja bisa menikmatinya. Tak heran para kalangan remaja pun menyukainya dengan dalih menghindari kopi yang pahit.

Sayangnya, rasa cappucino kerap disamakan dengan cafe latte sehingga banyak yang mengira bahwa keduanya adalah sama. Pada kenyataannya, latte dan cappucino adalah jenis kopi yang dibedakan dari komposisinya.

Minuman cappucino umumnya terdiri dari: 1/3 espresso, 1/3 busa susu, dan juga susu cair dengan takaran yang sama. (Sumber: CNN Indonesia).

Keunikan lainnya yang perlu Anda tahu adalah asal mula penamaan cappucino. Busa susu pada secangkir cappucino membentuk seperti topi atau cap.

Pada negara asalnya, Italia, bentuk tersebut menyerupai topi yang kerap digunakan oleh biarawan dari Ordo Capuchin. Hingga saat ini penamaan tersebut masih ada di seluruh dunia.

Apa Itu Bubuk Cappucino?

Berkat kepopulerannya, minuman cappucino sudah banyak terjual dalam bentuk bubuk. Sederhananya, bubuk ini adalah hasil olahan kopi dengan campuran bahan-bahan lainnya.

Bicara soal komposisi bahan, tiap perusahaan memiliki takarannya sendiri dalam membuatnya. Namun pada umumnya, bahan yang digunakan sama, yaitu bubuk kopi, gula pasir, susu bubuk, dan bubuk teh pala.

Meskipun sudah tercampur dengan bahan lain, namun bubuk dari cappucino masih mengandung kafein dari kopi. Pada setiap jenis cappucino, kandungan kafeinnya juga berbeda menyesuaikan dengan takaran bahan-bahan lainnya.

Jika Anda sedang mencari produk bubuk minuman kopi ini, Anda mungkin dapat membelinya di distributor bubuk minuman cappucino terdekat dan terpercaya.

Jenis Produk Bubuk Cappucino berdasarkan Kemasan

Kini, memiliki bubuk untuk olahan minuman cappucino bukan lagi hal yang sulit. Setidaknya terdapat 3 (tiga) jenis bubuk cappucino yang dapat Anda beli sesuai dengan kebutuhan, berikut jenis-jenisnya:

A. Cappucino Sachet

Sachet adalah kemasan sederhana dari bubuk cappucino. Apalagi kini ukurannya sudah beragam sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya saja ukuran sachet yang cocok untuk sekali seduh. Kemasan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyeruput cappucino sekali seduh dan tidak ingin banyak menyimpan sisa. Selain itu, jenis bubuk dalam kemasan ini dapat Anda temukan di warung dan minimarket sekitar Anda.

Keuntungan lainnya saat menggunakan jenis produk kemasan sachet adalah sudah banyak merek-merek ternama yang mengeluarkan bubuk cappucino dengan komposisi yang berbeda. Jadi, Anda pun memiliki banyak pilihan saat ingin menyeduh minuman cappucino instan.

Pada akhirnya, semua jadi bisa menikmati cappucino dengan harga yang ekonomis dan cita rasa yang beragam.

B. Bubuk Cappucino Kiloan

Jika Anda memiliki bisnis minuman skala besar, jenis produk kemasan inilah yang paling pas untuk Anda. Ukurannya yang lebih besar memudahkan Anda untuk mengontrol pembelian produk minuman bubuk ini.

Jumlahnya yang lebih banyak akan lebih mudah untuk Anda bagi-bagi sesuai dengan kebutuhannya tanpa takut kekurangan. Hal ini juga akan sangat berguna jika Anda memiliki bisnis olahan cappucino yang memiliki banyak cabang.

Sayangnya, bubuk dengan ukuran kiloan tidak banyak ada di minimarket atau toko terdekat. Hanya toko-toko berskala besar saja yang menjual bubuk cappucino kiloan ini.

Toko-toko itu pun umumnya berlokasi di kota-kota besar. Pemilihan tempat tersebut biasanya berkaitan dengan pengiriman yang lebih mudah karena akses yang lebih luas.

Jangan khawatir, Anda juga dapat menemukan toko yang jual bubuk minuman melalui internet. Bahkan dengan menggunakan internet, Anda bisa menemukan toko yang tepat serta menawarkan harga yang kompetitif.

C. Bubuk Berkualitas Premium

Anda akan perlu menggunakan bubuk berkualitas premium jika memiliki tawaran produk dengan standar tertinggi. Umumnya, bubuk minuman premium ini lebih sering digunakan oleh kalangan HOREKA (Hotel, Restoran dan Kafe).

Meski begitu, tak menutup kemungkinan jika usaha minuman selain HOREKA juga akan memerlukan bubuk minuman berkualitas premium.

Biasanya konsumen kerap menentukan standar bubuk cappucino untuk minuman pesanannya. Peluang itulah yang dimanfaatkan oleh perusahaan Private Label atau Business to Business (B2B) untuk membuatkan serbuk minuman premium sesuai permintaan konsumen.

Pembuatannya pun melalui standar yang tinggi dengan pengawasan ketat oleh orang-orang ahli di bidang tugasnya.

Tips Memilih Bubuk Cappucino untuk Usaha

Pasalnya, bubuk ini memiliki cita rasa yang berbeda tergantung perusahaan yang memproduksinya. Jadi, sebelum membeli produk tersebut, pertimbangkanlah tiga cara ini agar tidak salah dalam memilih bubuk cappucino untuk usaha:

1. Ketahui Jenis Usaha

Setiap tingkatan bisnis punya kebutuhan bahan bakunya sendiri. Langkah inilah yang harus Anda matangkan agar dapat memilih jenis bubuk yang sesuai dengan kebutuhan.

Perlu Anda garis bawahi, ketiga jenis bubuk minuman yang Anda baca sebelumnya punya target pasar tersendiri. Pastikan saja Anda memilih jenis bubuk yang selaras dengan target pasar dan kebutuhan bisnis Anda.

Misalnya Anda ingin berbisnis olahan minuman dengan skala kecil dan menengah. Anda bisa memilih jenis bubuk cappucino yang sachet terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk menekan biaya pengeluaran bahan baku yang tidak sesuai dengan pendapatan. Selain itu, tindakan tersebut juga berguna untuk mengurangi risiko kerugian dari kerusakan bahan baku akibat tidak terpakai cukup lama.

2. Pilih Jenis Bubuk yang Tepat

Setelah mengetahui kebutuhan jenis bubuk minumannya, ketahui pula lokasi yang strategis untuk berjualan. Ini berkaitan dengan ketahanan bubuk cappucino terhadap suhu di lingkungan tempat jualan Anda.

Selain itu, apabila usaha Anda jauh dari pusat kota, Anda bisa memilih cappucino sachet untuk cadangan bahan bakunya.

3. Pilih Penjual Cappucino Instan Terpercaya

Tips berikutnya, seleksi pula penjual serbuk cappucino instan. Anda bisa mempertimbangkan hal ini dengan berbagai cara seperti melihat sosial medianya. Anda dapat mengetahui testimoni dari pelanggan saat membeli produk di toko tersebut.

Selanjutnya, cek legalitas perusahaan karena berkaitan dengan tanggung jawabnya dalam mengolah bubuk minuman yang berkualitas. Legalitas ini berkaitan dengan izin edar produk hingga sertifikasi perusahaan tersebut.

Jangan mudah terkecoh dengan harga yang murah. Bisa saja bahan bakunya tidak sesuai dengan harapan Anda.

Beli Bubuk Cappucino di JAPO!

Sebelum membuka usaha minuman cappucino, jangan lupa membeli bahan bakunya di perusahaan terpercaya seperti di JAPO.

JAPO adalah produsen bubuk cappucino dan segala serbuk minuman lain yang berlegalitas. Kualitas bahan baku yang terjamin mampu menghasilkan bubuk minuman yang nikmat. Kunjungi JAPO sekarang untuk info produk selengkapnya!