Anti Gagal! Begini Cara Mudah Membuat Boba Brown Sugar

Anti Gagal! Ini Cara Membuat Boba Brown Sugar Sendiri di Rumah

Bagikan artikel ini

Cara membuat boba brown sugar ternyata tidak serumit yang Anda bayangkan.Hanya dengan bahan-bahan sederhana, Anda sudah bisa membuat minuman kekinian ini di rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Lantas, bagaimana cara membuat boba yang mudah dan anti gagal di rumah? Simak penjelasannya disini, Anda juga dapat mengetahui beberapa fakta mengapa boba menjadi minuman yang trending.

Fakta di Balik Tren Minuman Boba Brown Sugar

Sebelum menjadi varian minuman kekinian, boba merupakan topping yang kerap digunakan untuk melengkapi minuman teh susu yang kemudian dikenal dengan istilah bubble tea.

Pada akhir tahun 2017, gerai minuman Tiger Sugar di Taiwan mempopulerkan varian boba satu ini sebagai minuman kekinian baru. Tidak hanya topping bola-bola kenyal, minuman ini juga memiliki tampilan yang cantik seperti garis-garis caramel di pinggiran cup atau gelas.

Inilah yang menjadikan minuman boba berkembang dengan pesat hingga ke Indonesia. Karena memiliki rasa manis, tentu saja minuman ini sangat disukai oleh anak-anak.

Namun, Anda harus waspada dengan takaran gula di dalamnya. Menurut Matthew Blaylock, seorang ahli gizi dari University of Alabama at Birmingham di Amerika Serikat, mengonsumsi boba brown sugar secara berlebihan bisa memicu kegemukan atau obesitas.

Membuat minuman boba sendiri di rumah adalah solusi yang tepat untuk mengontrol jumlah takaran gula di dalamnya. Karena bahan dan cara pembuatannya sangat mudah, tentu saja Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan pilihan berkualitas.

3 Cara Membuat Boba Brown Sugar yang Mudah

Rasa dan kombinasi topping pada minuman boba memang menjadi daya tarik bagi para penikmatnya. Minuman kekinian dengan rasa manis ini memang cocok disajikan dengan berbagai topping, seperti 3 jenis sajian boba brown sugar berikut ini:

1. Boba Brown Sugar Original

Sajian pertama adalah versi original. Ini merupakan tampilan asli dari minuman boba sebelum dikreasikan dengan berbagai jenis topping. Nah, untuk membuat varian boba original satu ini Anda hanya perlu menyiapkan 3 jenis bahan utama, antara lain:

A. Bahan Membuat Boba

Topping original di dalam minuman ini adalah boba, yaitu bola-bola berukuran kecil dan bertekstur kenyal. Inilah yang menjadi ciri khas dari minuman boba. Anda harus menyiapkan bahan utama berupa tepung tapioka seberat 100 gram, 70 ml air, dan 40 gram gula aren untuk membuat boba.

B. Bahan Membuat Sirup Gula

Sirup ini yang akan membuat rasa boba terasa enak dan manis. Kehadiran sirup gula juga akan menyeimbangkan rasa susu dan topping boba ketika Anda minum. Anda hanya perlu menggunakan 120 gram gula aren untuk membuat sirup gula.

C. Bahan Pelengkap

Anda hanya perlu menyiapkan susu cair full cream dan tambahan es batu secukupnya.

Setelah ketiga bahan di atas sudah Anda siapkan, langkah berikutnya adalah mengolah bahan-bahan tersebut supaya menjadi minuman boba yang menyegarkan. Berikut cara membuat boba brown sugar original yang tepat:

  1. Rebus 40 gram gula aren bersama 70 ml air hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api kompor dan masukkan 100 gram tepung tapioka. Lalu, aduk hingga adonan menggumpal.
  2. Setelah suhu adonan boba berubah menjadi hangat, Anda bisa membuat bulatan-bulatan berukuran kecil. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah ditaburi oleh tepung tapioka. Supaya boba tidak saling menempel, Anda juga harus menambahkan taburan tepung tapioka setelahnya.
  3. Rebus boba hingga 15 menit atau sampai teksturnya berubah menjadi kenyal. Setelah itu buang airnya.
  4. Masak 120 gram gula aren tanpa air di atas api kecil. Kemudian masukkan seluruh boba tadi. Aduk hingga gula aren mencair dan teksturnya mengental.
  5. Kemudian matikan api kompor.
  6. Siapkan gelas, masukkan boba bersama sirup gula aren. Kemudian tuang susu full cream secukupnya. Jangan lupa untuk menambah es batu agar lebih segar. Boba brown sugar sudah bisa Anda nikmati.

2. Boba Brown Sugar Mix Salted Caramel

Jika Anda bosan dengan rasa manis atau kurang menyukai rasa manis, tapi ingin membuat minuman boba, Anda bisa mencampurkannya dengan salted caramel.

Campuran bahan ini akan memberikan rasa asin, sehingga rasa manis yang dominan dalam boba menghilang. Berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

A. Bahan Utama

Anda hanya perlu menyiapkan 3 bahan utama, yaitu 200 gram boba yang sudah jadi. Setelah itu, Anda bisa mengikuti resep membuat topping boba yang sudah dijelaskan di varian sebelumnya. Kemudian bahan kedua adalah 2 sdm brown sugar. Dan bahan ketiga adalah susu full cream.

B. Bahan Sausnya

Lalu, untuk membuat sausnya, Anda harus menyiapkan beberapa bahan. Mulai dari 5 sdm gula pasir, 4 sdm air, 3 sdm brown sugar, 1 sdt garam, dan butter secukupnya.
Nah, proses berikutnya adalah mengolah seluruh bahan-bahan di atas menjadi minuman boba. Berikut cara membuat varian brown sugar mix salted caramel:

  1. Rebus 200 gram boba dan aduk supaya tidak menggumpal. Setelah itu matikan api kompor.
  2. Selanjutnya rebus gula pasir dan air dengan api kecil. Jangan lupa untuk mengaduknya sampai warnanya berubah menjadi kuning.
  3. Masukkan butter, lalu aduk hingga meleleh. Tambahkan brown sugar dan garam. Aduk kembali dan matikan api kompor.
  4. Siapkan gelas, masukkan boba sesuai selera, tuang saus brown sugar mix salted caramel. Tuang susu full cream secukupnya dan tambahkan es batu. Anda bisa memberi taburan brown sugar di atasnya sesuai selera.

3. Boba dan Campuran Kopi

Selain salted caramel, Anda juga bisa mengkombinasikan boba brown sugar dengan kopi. Campuran kedua bahan ini akan membuat rasa boba sedikit lebih segar dan cocok sebagai amunisi untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari. Anda harus menyiapkan beberapa bahan utama, seperti:

  • 30 gram kopi instan, pilih produk tanpa ampas
  • 60 ml air
  • 45 ml santan cair
  • 100 ml susu cair full cream
  • 45 ml gula aren
  • 100 ml simple sirup
  • Es batu sesuai kebutuhan
  • 2 sdm boba brown sugar untuk topping

Cara membuat boba brown sugar dengan tambahan kopi sangat sederhana, yaitu:

  1. Seduh kopi dengan air panas. Setelah itu, sisihkan rebusan kopi supaya dingin.
  2. Campur susu cair full cream dan santan cair, kemudian aduk rata. Kemudian tuang ke dalam gelas. Tambahkan rebusan kopi tadi, lalu aduk hingga rata.
  3. Masukkan gula aren dan sirup. Tambahkan es batu sesuai selera, lalu taburkan 2 sdm atau lebih boba brown sugar di atasnya.

Nah, itulah 3 resep membuat minuman boba dalam berbagai pilihan varian yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuat Boba Brown Sugar?

Itulah cara membuat boba brown sugar mudah yang bisa Anda coba. Kepopuleran minuman boba memang tidak ada habisnya. Supaya Anda dan keluarga bebas dari obesitas, Anda bisa mengatur takaran gula di dalam minuman boba dengan cara membuatnya sendiri di rumah.

Tentu saja Anda tetap harus menggunakan bahan berkualitas, khususnya ketika memilih bubuk boba brown sugar. Salah satu distributor bubuk minuman yang menjual produk berkualitas dan lengkap adalah Jakarta Powder atau JAPO. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, order sekarang juga!