cara membuat es krim

Cara Membuat Es Krim Rumahan Dengan Bubuk Minuman JAPO

Bagikan artikel ini

Cara membuat es krim menjadi tutorial yang sering dicari oleh masyarakat dimana ingin es krim sederhana tanpa ribet. Untuk itu, artikel ini akan menyampaikan langkah-langkah dan cara membuat dengan mudah anti ribet.

Apa Itu Es Krim?

Sebelum membahas mengenai cara membuat es krim, maka Anda perlu tahu dulu pengertian es krim. Jadi, es krim sendiri yaitu makanan penutup yang menjadi favorit banyak orang.

Rasa es krim sendiri cenderung bervariasi dan mudah ditemukan serta memiliki harga yang terbilang tidak mahal.

Hal inilah yang menyebabkan es krim menjadi makanan dengan banyak penggemar dan sangat diinginkan ketika cuaca yang panas dan teriknya matahari. Ketika mengonsumsi es krim maka dapat mendinginkan sekaligus melegakan dahaga.

Cara Bikin Es Krim Anti Gagal

Berikut ini akan dibahas mengenai cara membuat es krim sederhana yang bisa Anda lakukan dengan bubuk minuman. Membuat es krim dari bubuk ini sangat mudah karena hanya menggunakan bahan instan untuk buat es krim rumahan yang nikmat.

Berikut merupakan beberapa cara membuat es krim rumahan dengan bahan berupa serbuk minuman yang praktis dalam pembuatannya.

1. Es Krim dari Serbuk Minuman

Cara membuat es krim instan bisa dilakukan dengan serbuk minuman dari JAPO sebagai bahan bakunya. Untuk itu, pilihlah varian rasa serbuk minuman agar bisa mencoba tutorial membuat es krim di rumah.

2. Es krim Sederhana dari Japo dengan Ovalet

Berikut merupakan bahan-bahan dan tahapan yang harus dilalui untuk membuat es krim secara sederhana. Cobalah memilih varian rasa Japo yang disukai masyarakat misalnya cappucino atau rasa kopi.

Anda juga bisa memilih varian rasa lainnya yang digunakan untuk membuat es krim dengan menggunakan Japo yaitu seperti varian thai tea, matcha green tea, varian buah-buahan, varian coklat, varian milkshake dan sebagainya.

Namun, secara umum berikut adalah bahan dan tahapan buat es krim sederhana dengan bantuan pengembang yaitu ovalet.

Bahan :

– 2 sachet susu bubuk
– 2 sachet susu kental manis
– 4 sachet serbuk minuman Japo rasa kopi
– 65 ml santan yang mengental maupun instan
– 1 sdt ovalet yaitu pengembang kue, dapat digantikan menggunakan SP dan sebagainya
– Vanili untuk membuat wangi manis pada es krim
– Gula pasir 14 sendok makan
– 4,5 gelas air penuh
– 4 sendok makan maizena
– Sejumput garam

Cara membuat :

1. Persiapkan wadah kemudian seluruh bahan bisa dimasukkan kecuali pengembang ovalet kemudian masukkan minuman serbuk yang dipilih misalnya kopi.
2. Aduklah adonan hingga merata.
3. Adonan dipindah pada panci selanjutnya dipanaskan sampai mendidih. Adonan terus diaduk sehingga tidak membentuk gumpalan.
4. Tuangkan adonan pada wadah yang kedap udara selanjutnya dilakukan pendinginan pada suhu dingin.
5. Apabila telah semakin dingin, adonan dimasukkan pada freezer sampai membeku selama setidaknya 8 jam.
6. Masukkan 1 sdm ovalet atau pengembang pada wadah yang memiliki daya tahan panas.
7. Selanjutnya masukkan pada air mendidih dan tunggulah sampai ovalet akan mencair.
8. Adonan bisa diangkat kemudian didiamkan sampai ovalet bisa membentuk gumpalan
9. Adonan es krim yang telah membeku dapat dikeluarkan kemudian dikerok dengan sendok.
10. Kemudian dicampur dengan mixer selama 10 menit dan masukkan ovalet selama 15 menit
11. Adonan selanjutnya di-mixer 5 menit kemudian jika tetap pucat bisa menambahkan pewarna. Apabila sudah, adonan bisa dituang pada cetakan kemudian dimasukkan di freezer agar beku.
12. Es krim yang terasa lembut siap untuk disajikan!

3. Membuat Es Krim Tanpa SP

Untuk membuat es krim rumahan tanpa SP sebenarnya tidak terdapat aturan mutlak. Dalam hal ini, es krim yang dibuat tanpa pengembang seperti SP memiliki tutorial yang hampir sama.

Bedanya adalah jenis ini tidak akan mengembang terlalu banyak seperti ketika dicampurkan.

Es krim sendiri termasuk makanan yang sangat digemari sehingga pembuatannya sebenarnya bisa terbilang cepat dan gampang. Sekarang ini pun seluruh bahan sudah banyak tersedia secara instan. Contohnya seperti serbuk bubuk minuman yang bisa dimanfaatkan untuk membuat es krim. Berikut resep dan tutorial untuk membuatnya :

Bahan :

– 250 gram gula pasir putih
– ½ liter susu
– Telur ayam 3 butir
– Garam dan vanili secukupnya
– Serbuk minuman Jakarta Powder dengan variasi yang sesuai

Cara membuat :

1. Pisahkan kuning dan putih telur. Kuning telur diambil dan selanjutnya dicampur dengan glukosa kemudian diaduk sampai larut dengan mixer.
2. Sesudah itu, putih telur dicampur dengan vanili dan garam secara mencukupi, kemudian dilakukan pengadukan hingga tercampur merata dan halus.
3. Adonan 1 dan 2 digabungkan kemudian dimasak hingga mendidih dan perlu diaduk terus menerus.
4. Larutan serbuk minuman bisa dicampur dengan susu, selanjutnya adonan yang mendidih diberikan larutan coklat susu. Lalu aduk sampai mengental agar bisa diangkat dan didinginkan.
5. Apabila sudah dingin, adonan bisa dimasukkan pada freezer sehingga es krim rumahan yang dibuat akan memiliki tekstur yang lebih lembut.

Nah, itulah beberapa tahapan dalam pembuatan es krim. Anda bisa membuat es krim sendiri di rumah secara praktis menggunakan serbuk minuman yang diproduksi oleh Japo.

Bubuk Untuk Es Krim Rumahan

Dari dua tutorial di atas terlibat bahwa beberapa cara yang dilakukan terbilang sangat mudah. Anda bahkan bisa mempelajarinya sendiri di internet.

Begitulah cara membuat es krim dengan memanfaatkan serbuk minuman. Serbuk minuman ini bisa Anda dapatkan di berbagai penjual serbuk minuman instan dengan berbagai rasa. Anda bisa memilih rasa yang disukai oleh calon konsumen Anda.

Bagi Anda yang sedang memulai usaha minuman, kemudian hendak menghadirkan menu es krim maka Anda bisa membuat es krim menggunakan serbuk minuman es krim. Dengan demikian, cara membuat es krim yang perlu Anda lakukan bisa dilangsungkan dengan mudah.

Untuk memperoleh es krim bubuk, cobalah mendapatkan serbuk es krim dari distributor jual bubuk minuman. Ini bisa Anda dapatkan dari penjual maupun agen bubuk minuman misalnya japo.co.id.

Di JAPO (Jakarta Powder), Anda bisa memperoleh berbagai variasi bubuk minuman terlengkap. Anda bahkan tak perlu khawatir karena kualitas yang ditawarkan benar-benar premium dan memiliki keamanan yang jelas dari sertifikat halal maupun izin edar Dinkes PIRT.

Penutup

Itulah beberapa tahapan dalam cara membuat es krim dari bubuk minuman Japo yang bisa Anda coba. Sebenarnya cara membuat es krim dengan bubuk sederhana ini sangat-sangatlah mudah. Anda tidak membutuhkan banyak alat dan bahan karena praktisnya serbuk minuman es krim ini.