Bagikan artikel ini
Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengembangkan bisnis waralaba minuman kekinian. Sehingga, seringkali kita lihat usaha minuman kekinian meskipun sudah dengan sistem waralaba tetapi gagal (bangkrut).
Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai bagaimana agar bisnis franchise Anda bisa terus berkembang dan bertahan di pasar yang sudah sangat kompetitif ini.
Daftar isi
8 Cara Mengembangkan Bisnis Waralaba
Beberapa cara atau langkah di bawah ini bisa Anda praktekkan jika ingin mengembangkan usaha waralaba minuman kekinian Anda saat ini.
1. Siapkanlah Konsep dan Perencanaan Bisnis
Langkah pertama untuk mengembangkan bisnis franchise minuman kekinian adalah dengan menyiapkan konsep serta perencanaan bisnis yang jelas. Konsep dan perencanaan bisnis yang jelas ini berkaitan dengan bagaimana menyusun target pasar sebagai tujuan bisnis Anda.
Target pasar yang jelas akan memudahkan Anda dalam menentukan harga jual, bentuk kemasan, cara promosi dan berbagai hal yang berkaitan dalam pengembangan usaha minuman kekinian ini.
Konsep bisnis yang jelas juga bisa lebih menarik konsumen baru untuk mulai mencoba dan mencicipi menu di kedai minuman kekinian milik Anda.
2. Memilih Lokasi yang Sesuai
Langkah kedua untuk mengembangkan bisnis franchise minuman kekinian adalah menentukan lokasi bisnis yang sesuai dan yang strategis. Lokasi bisnis menjadi hal utama dalam pengembangan sebuah bisnis.
Lokasi yang strategis akan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk menemukan lokasi usaha Anda dan memudahkan konsumen mengenali warung Anda.
Lokasi usaha yang strategis dan memiliki prospek di masa depan bukan hanya lokasi dengan penduduk yang padat atau banyak. Tetapi Anda juga harus melihat daya beli masyarakat di sekitar lokasi tersebut.
Jika penduduknya padat tetapi daya belinya rendah, maka kurang cocok dijadikan lokasi usaha. Sebaliknya, jika daya beli masyarakatnya tinggi, maka bisa dijadikan lokasi strategis untuk bisnis waralaba Anda.
Contoh lokasi strategis yang bisa Anda pilih seperti mall, sekitaran kampus atau universitas, sekitaran tempat kerja, dan lain sebagainya.
3. Selalu Melakukan Inovasi
Cara mengembangkan bisnis waralaba yang ketiga yaitu dengan selalu menghadirkan inovasi dalam menjalankan bisnis waralaba minuman kekinian. Walaupun sebetulnya jika menjalankan usaha dengan sistem waralaba, sudah ada sistem operasional dengan standar tertentu.
Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan inovasi dalam menjalankan bisnis. Inovasi yang dimaksud adalah dalam hal ini adalah yang berhubungan dengan strategi pemasaran dimana biasanya pemilik usaha dibebaskan oleh perusahaan franchise.
Anda bisa menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana memasarkan produk minuman kekinian milik Anda. Anda bisa menarik konsumen-konsumen baru dengan menggunakan media sosial seperti instagram, facebook dan twitter.
Dengan memanfaatkan foto produk yang menawan, caption yang menarik calon konsumen untuk membeli, serta penggunaan tagar atau hashtag yang sesuai maka Anda sudah bisa menjangkau calon konsumen yang lebih luas.
Anda juga bisa menggunakan strategi pemasaran yang masih tradisional yaitu dengan cara memasarkan produk secara door to door. Anda bisa mencetak brosur pemasaran dan memberikan secara langsung kepada calon pelanggan bisnis Anda.
4. Mengedepankan Kepuasan dan Pelayanan yang Unggul
Langkah keempat untuk mengembangkan bisnis franchise minuman kekinian adalah mengedepankan kepuasan dan pelayanan yang unggul untuk pelanggan. Hal ini menjadi salah satu aspek paling penting dalam pengembangan bisnis.
Meskipun Anda sudah membeli merek waralaba yang memiliki pasar yang baik, namun jika pelayanan dan kepuasan pelanggan di outlet Anda buruk, maka bisa menjadi nilai negatif untuk usaha Anda.
Selain itu, Anda juga akan merusak citra merek atau brand waralaba tersebut dan akan berpengaruh terhadap relasi Anda dengan penyedia brand waralaba tersebut.
Maka, selalu upayakan untuk memberikan pelayanan yang baik sehingga konsumen yang data di outlet Anda akan merasa puas dengan pelayanan tersebut.
5. Mengadakan Pelatihan yang Baik
Langkah kelima untuk mengembangkan bisnis franchise minuman kekinian adalah dengan memberikan pelatihan yang memadai dan baik kepada calon karyawan outlet Anda.
Sebagaimana sudah dibahas di poin yang keempat, kepuasan dan pelayanan untuk pelanggan haruslah baik dan memuaskan. Pelayanan yang baik tidak akan tercipta jika karyawan Anda tidak mendapatkan pelatihan kerja yang baik dan memadai.
Anda harus menciptakan pelatihan yang solid sehingga karyawan bisa diandalkan. Disini Anda wajib memberikan pelatihan mengenai komponen dasar pembuatan minuman kekinian, bagaimana cara berkomunikasi dengan konsumen dan lain sebagainya.
Karyawan merupakan wajah bisnis Anda, jadi ketika karyawan bisa melayani konsumen dengan baik, maka citra outlet atau bisnis Anda juga akan baik di mata konsumen.
6. Selalu Melakukan Quality Control
Langkah keenam untuk mengembangkan bisnis franchise minuman kekinian adalah dengan selalu melakukan quality control secara berkala. Quality control disini berhubungan dengan kualitas produk yang dijual, kualitas karyawan dalam melayani pelanggan, dan lain sebagainya.
Kualitas produk menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena jika rasanya berubah maka akan mengecewakan pelanggan dan mengurangi minat pasar akan produk Anda.
Selain itu, kontrol dalam sistem pelayanan pelanggan juga menjadi hal penting yang perlu secara berkala dilakukan.
Hal ini karena karyawan lah yang berhadapan dengan pelanggan, jika pelanggan tidak puas maka mereka tidak akan membeli kembali atau merekomendasikan produk milik Anda.
7. Memanfaatkan Semua Sumber Daya dari Waralaba
Cara mengembangkan bisnis waralaba yang ketujuh adalah dengan memanfaatkan semua sumber daya serta dukungan yang diberikan oleh perusahaan waralaba tersebut.
Perusahaan waralaba biasanya akan menyediakan berbagai jenis bantuan usaha seperti pendanaan, operasional, pemasaran, teknologi, pelatihan karyawan dan lain sebagainya.
Dengan memanfaatkan semua sumber daya dan dukungan yang diberikan, Anda akan bisa memaksimalkan semua peluang yang tersedia sehingga usaha atau outlet Anda akan semakin laris manis.
8. Mengikuti Berbagai Jenis Event
Langkah kedelapan untuk mengembangkan bisnis franchise minuman kekinian adalah dengan mengikuti berbagai jenis event untuk membuat outlet atau bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat.
Mengikuti event ini juga menjadi salah satu strategi atau cara pemasaran di luar cara tradisional dan modern yang menggunakan media sosial. Mengikuti event ini juga merupakan cara menjaring calon konsumen yang lebih besar dengan sistem jemput bola.
Sebagai contoh, Anda bisa mengikuti food festival dan mulai memasarkan produk minuman Anda pada event tersebut. Dengan demikian, Anda bisa memperluas prospek bisnis outlet milik Anda.
Dalam mengembangkan sebuah bisnis dengan sistem waralaba memang tidak bisa bebas seperti Anda memiliki brand sendiri. Namun, salah satu keuntungan menggunakan sistem waralaba adalah brand yang Anda jual sudah dikenal oleh masyarakat dan memiliki pasarnya sendiri.
Namun, dengan keuntungan tersebut bukan berarti Anda sebagai mitra waralaba bisa berleha-leha. Jika usaha Anda tetap ingin berkembang, maka lakukan beberapa cara mengembangkan bisnis waralaba di atas agar outlet Anda tetap bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan di dunia bisnis.
Untuk memastikan kesuksesan bisnis waralaba minuman kekinianmu, pertimbangkan untuk menggunakan bubuk minuman premium dari JAPO. Dengan bahan berkualitas tinggi, kamu dapat memastikan rasa minuman yang konsisten dan memikat pelanggan. Ini adalah salah satu langkah yang cerdas untuk menjaga kualitas dan citra merek yang baik dalam bisnismu. Dengan produk berkualitas tinggi, kamu dapat lebih percaya diri dalam mengembangkan bisnis waralaba minuman kekinianmu.