jenis bubuk minuman

Jenis-Jenis Bubuk Minuman Yang Umum Ditemui

Bagikan artikel ini

Saat ini, ada banyak jenis bubuk minuman dengan berbagai cita rasa yang bisa Anda temui di pasaran. Minuman serbuk kekinian ini memang banyak dipilih konsumen yang kehausan karena kepraktisannya.

Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai jenis bubuk minuman terlengkap yang bisa Anda temukan. Dengan mengetahui variasi bubuk minuman, Anda bisa dengan gampang membedakan bubuk minuman premium maupun tidak.

Hal ini sangat berguna bagi Anda yang hendak membangun bisnis minuman serbuk.

Mengenal Bubuk Minuman

Sebelum membahas mengenai jenis atau variasinya, sebaiknya Anda paham betul mengenai bubuk minuman.

Jadi, bubuk minuman sendiri yaitu produk yang bisa dikonsumsi apabila telah dilumat (diseduh atau dilarutkan) dan bentuknya butir halus seperti bubuk maupun tepung.

Bubuk minuman ini tersedia secara instan dan banyak dimanfaatkan karena mudahnya proses larut pada air dingin maupun panas.

Bubuk ini biasanya mempunyai daya tahan lebih lama, cepat disajikan, lebih praktis dan sangat memudahkan pembuatan.

Untuk menikmati bubuk minuman dengan banyak variasi Anda bisa menuangkan air dalam bubuk minuman dan selanjutnya diaduk. Minuman dari bubuk instan ini pun bisa diminum langsung.

Macam-Macam Bubuk Minuman

Bubuk minuman yang sering ditemui sebenarnya cukup beragam. Anda bisa memilih beragam bubuk minuman sesuai keinginan Anda baik pada cita rasa maupun cara menyeduh.

Sebelum memulai bisnis minuman, Anda wajib mengetahui jenis bubuk minuman yang biasa ditemui.

Hal ini bisa membantu Anda dalam berbisnis dengan menawarkan produk yang memang memiliki daya tarik tinggi di pasaran.

Selain membeli serbuk minuman kiloan dengan harga yang murah, pastikan juga Anda membeli bubuk minuman premium sehingga kualitas minuman yang dihasilkan lebih optimal. Berikut merupakan beberapa macam-macam bubuk minuman.

1. Bubuk Minuman Berperisa

Jenis bubuk minuman berperisa yaitu produk olahan minuman dimana memiliki bahan dasar yang ditambahi dengan bahan perisa alami, identik, maupun buatan.

Seringkali bubuk minuman ini ditambah dengan pemanis maupun gula sehingga memiliki sebutan serbuk minuman mix.

Sementara apabila tidak dicampur gula maupun pemanis dikenal dengan sebutan plain powder drink. Jenis serbuk minum ini termasuk produk serbuk yang terbilang laris di pasaran.

Pembuatan bubuk minuman berperisa yaitu memanfaatkan proses spray drying yakni proses yang ditujukan meminimalisir kadar air pada bahan tertentu melalui penguapan sehingga menghasilkan serbuk.

Contoh jenis bubuk minuman berperisa yaitu misalnya powder pada kopi, matcha, milk tea, green tea, berbagai serbuk minuman coklat, milkshake buah-buahan ataupun bubuk smoothies.

2. Bubuk Minuman Herbal

Berbeda dengan bubuk minuman berperisa sebelumnya yang memiliki beragam rasa menarik sehingga sering ditawarkan di cafe ataupun restoran, maka jenis serbuk ini didapatkan dari tanaman herbal yang dikeringkan kemudian digiling dan akhirnya menjadi serbuk.

Tanaman obat yang dipakai sebagai bubuk minuman herbal misalnya seperti kunyit, jahe, kencur, sereh, temulawak, kayu manis, kapulaga, dan lainnya. Biasanya jenis minuman herbal terbuat atas satu bahan walaupun ada juga yang merupakan kombinasi tanaman herbal.

Bubuk minuman herbal ini sifatnya cenderung alami layaknya asli namun juga terdapat yang telah diproses secara kimia melalui penambahan bahan pemanis, gula, dan zat emulsi lain.
Minuman herbal ini mempunyai kandungan baik bagi kesehatan tubuh.

Contoh manfaatnya misalnya seperti dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan penyakit ringan misalnya flu, batuk, mual, masuk angin, sakit kepala, pereda nyeri haid, menjaga kesehatan pencernaan dan lainnya.

3. Bubuk Minuman Berenergi

Jenis bubuk minuman selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan bisnis yaitu serbuk minuman berenergi. Minuman berenergi diketahui mempunyai kandungan yang bisa memberi energi tambahan untuk tubuh.

Minuman energi ini mempunyai beberapa kandungan zat stimulan misalnya asam amino taurin, kafein, gula dan pemanis buatan, zat adiktif, maupun tambahan bahan lain.

Minuman ini tidak hanya meningkatkan energi tubuh melainkan juga bisa meningkatkan stamina dan konsentrasi tubuh.

Walaupun terdapat banyak minuman berenergi yang diproduksi berupa cairan berenergi dan bisa dikonsumsi langsung, namun jenis bubuk minuman ini juga masih mendapatkan banyak penggemar misalnya seperti diminum apabila sedang berolahraga.

Bisa juga ketika selesai beraktivitas yang berat. Walaupun begitu, minuman berenergi ini tidak disarankan apabila diminum dengan jumlah berlebihan.

4. Bubuk Minuman Bersuplemen

Variasi bubuk minuman terakhir yakni bubuk minuman bersuplemen. Serbuk minuman yang bersuplemen ini mempunyai banyak kandungan gizi misalnya vitamin, karbohidrat, mineral, protein, asam lemak dan sebagainya.

Minuman ini ditujukan agar bisa meningkatkan dan meminimalisir kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan demikian, sering dipakai sebagai selingan yang mengganti makanan untuk orang yang berada pada tahap diet.

Sudah Paham Jenis-Jenis Bubuk Minuman?

Itulah beberapa jenis bubuk minuman yang perlu Anda ketahui sebelum mengkonsumsinya. Untuk membeli bubuk minuman yang berkualitas, Anda bisa mempercayakannya kepada distributor bubuk minuman yang menyediakan varian rasa yang bergam, kualitas yang premium, dan tentunya aman seperti JAPO. JAPO (Jakarta Powder) adalah brand bubuk minuman dengan kualitas premium. JAPO jual bubuk minuman yang diproduksi menggunakan bahan baku bermutu tinggi dan diproses secara higienis oleh tenaga produksi profesional, sehingga menghasilkan bubuk minuman (powder drink) yang berkualitas.

JAPO berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi dalam menciptakan varian rasa yang sesuai dengan selera pasar. Beberapa varian rasa JAPO yang disukai banyak orang yaitu cappucino (kopi), coklat, teh (thai tea, matcha green tea), milkshake, buah-buahan, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? beli bubuk minuman berkualitas di JAPO dengan cara menghubungi kontak JAPO.