manfaat teh hijau

Kenali Manfaat Teh Hijau yang Ada di Bubuk Minuman Green Tea

Bagikan artikel ini

Adanya bubuk green tea benar-benar menawarkan kemudahan bagi pecinta teh hijau. Bubuk teh hijau ini sangat mudah untuk dikonsumsi dan menawarkan berbagai cara untuk diolah dengan bahan lainnya. Tapi, sebagai pecinta teh hijau, apakah Anda tahu manfaat teh hijau?

Teh hijau adalah minuman khas jepang yang ternyata dianggap baik untuk kesehatan. Saat ini, teh hijau juga cukup popular dan dapat Anda temui dalam bentuk jajanan, bolu, atau yang paling sering adalah minuman olahan. Yuk, pahami lebih lanjut mengenai segudang manfaat green tea di sini!

8 Manfaat Teh Hijau yang Harus Anda Ketahui

Meningkatnya popularitas green tea di Indonesia membuat banyak kita temui teh hijau di berbagai makanan dan minuman. Seperti halnya di berbagi waralaba minuman yang mengombinasikannya dengan berbagai bahan, seperti susu, coklat, persik, dan lain-lain. Teh hijau ini populer karena aromanya yang khas dan wangi.

Ternyata, teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bukan hanya itu, ia juga mengandung manfaat untuk kecantikan kulit agar tetap sehat. Maka dari itu, mungkin
sering Anda ketahui terdapat body lotion dan sabun cuci muka yang mengandung teh hijau. Berikut mari kita simak berbagai manfaat lainnya.

1. Membantu Mengatasi Insomnia

Meskipun mengandung kafein, berbeda dengan kopi, ternyata teh hijau dapat mengobati insomnia karena kandungan theanin. Zat ini dapat membuat efek untuk membantu Anda merasa lebih mudah untuk tidur.

Selain itu tubuh akan menjadi lebih nyaman, rileks, dan santai. Untuk Anda yang menderita insomnia, ada baiknya untuk mengkonsumsi teh hijau tanpa gula. Terlebih lagi, untuk memaksimalkan hasilnya, Anda tidak harus menyeduhnya dengan air mendidih.

2. Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya adalah manfaat yang banyak disukai oleh Anda yang sedang diet. Teh hijau ternyata mengandung katekin polifenol yang dapat membakar lemak sehingga berat badan lebih mudah diturunkan.

Hal ini didukung oleh fakta terdapat banyak riset menyatakan bahwa teh hijau dapat membersihkan sisa makanan. Sehingga, ini akan meminimalisir terjadinya penumpukan dan tidak menjadi lemak di dalam tubuh. Detoksifikan tersebut membuat minuman green tea ideal untuk menurunkan berat badan.

3. Menghindari Penyakit Kronis

Seperti yang Anda ketahui dari manfaat sebelumnya, bahwa teh hijau dapat membersihkan saluran pencernaan. Pembersihan ini termasuk berbagai macam racun dan toksin akan dikeluarkan dari tubuh. Organ pencernaan ini paling rentan terhadap racun dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kronis seperti gagal jantung, hepatitis, diabetes, atau ginjal secara tidak langsung disebabkan oleh tidak maksimalnya fungsi usus. Sehingga usus tidak dapat menetralisir racun yang berada dalam tubuh. Oleh karena itu, teh hijau sangat penting dalam memerangi penyakit kronis.

4. Mengatasi Bau Mulut yang Tidak Sedap

Bau mulut adalah masalah yang sangat mengganggu yang terjadi jika terdapat banyak bakteri di dalam mulut. Jika Anda memiliki masalah ini, coba mengatasinya dengan rutin mengonsumsi teh hijau.

Kandungan katekin pada teh hijau dapat menghambat bakteri pada mulut sehingga tidak mudah tumbuh. Oleh karena itu, teh hijau dapat mengurangi bau mulut dengan menekan pertumbuhan bakteri pada mulut.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Jika Anda rutin mengkonsumsi teh hijau, mungkin Anda sadar betapa sehatnya kulit Anda. Teh hijau memiliki zat antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas. Bukan hanya itu, zat ini juga dapat mempercepat regenerasi kulit mati yang dapat mengecilkan pori-pori.

Alhasil, kulit akan lebih kenyal, lembab dan cerah. Selain itu, kulit akan lebih sehat dalam melawan paparan sinar matahari langsung dan ultraviolet.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain antioksidan dan polifenol, ternyata teh hijau juga kaya akan zat flavonoid. Zat ini dapat merangsang metabolisme tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Orang dahulu percaya bahwa fungsi ini dapat menjadi obat antibodi untuk menangkal segala jenis wabah penyakit. Oleh sebab itu, para ahli kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Maka, tidak aneh jika banyak orang Cina dan Jepang rutin mengkonsumsinya.

7. Menurunkan Kolesterol

Pernahkah Anda menemukan minuman teh hijau instan untuk dikonsumsi sebagai pendamping makan? Ternyata, teh hijau dapat menjadi pendamping terbaik saat mengonsumsi gorengan, minuman bersoda, dan makanan cepat saji.

Teh hijau memiliki manfaat yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol seimbang, sehingga Anda dapat meminumnya setiap hari untuk menurunkan kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

8. Memperkuat Fungsi Otak

Anda pasti sudah tahu apabila teh hijau mengandung kandungan kafein yang lebih sehat dari kopi. Sama seperti kopi, kandungan ini dapat membuat Anda tetap waspada dan meningkatkan fungsi otak. Terlebih lagi, fungsi ini termasuk meningkatnya suasana hati, kewaspadaan, reaksi, dan ingatan.

Namun, kafein bukanlah satu-satunya zat yang meningkatkan fungsi otak, tetapi juga asam amino L-theanine. Zat ini akan bekerja secara sinergis dengan kafein untuk memperkuat fungsi otak.

Berbagai Cara Mengolah Teh Hijau

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat teh hijau, apakah Anda masih tertarik untuk mengonsumsi teh hijau? Teh hijau tidak hanya dapat diolah menjadi minuman green tea. Teh hijau dalam bentuk bubuk dapat diolah menjadi campuran bolu, matcha, puding, dan minuman menggiurkan lainnya.

Green tea bubuk adalah salah satu favorit para pecinta teh hijau. Banyak kita temui supplier bubuk minuman menjual green tea bubuk, salah satunya adalah JAPO. Bubuk ini dapat kita olah menjadi minuman seperti matcha latte, es kepal green tea, green tea mojito, dan lain sebagainya.

Bubuk teh hijau memang menawarkan berbagai cara untuk mengolahnya. Sehingga, banyak para pecinta teh hijau yang tidak pernah bosan untuk mengkonsumsinya. Hari ini Anda dapat menikmati matcha ice latte, besoknya Anda dapat mengubahnya menjadi green tea brownies.

Yuk, Nikmati Manfaat Konsumsi Teh Hijau Untuk Tubuh!

Demikian segudang manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh yang harus ketahui. Seperti yang Anda ketahui, teh hijau tidak hanya bermanfaat tetapi juga memiliki banyak cara untuk
mengolahnya menggunakan bubuk green tea. Anda dapat menemukannya di beberapa toko yang jual bubuk minuman.

Tetapi perlu Anda ketahui, jika Anda bertujuan untuk mengkonsumsinya untuk alasan kesehatan, Anda harus memperhatikan cara pengolahannya. Jadi tunggu apalagi? Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mengkonsumsi teh hijau yang tidak hanya nikmat tapi juga bermanfaat.