minuman hangat saat hujan

Minuman Hangat saat Hujan Paling Enak untuk Menghangatkan Badan

Bagikan artikel ini

Musim hujan seringkali membuat badan kamu terasa dingin dan tak bersemangat untuk melakukan apa-apa. Makanya orang-orang suka mencari usaha di musim hujan yang menjual minuman hangat saat hujan. Jika kamu juga suka dengan minuman hangat, mari cari tahu contoh minumannya di artikel berikut ini.

9 Contoh Minuman Hangat saat Hujan yang Menyegarkan

Seorang agen bubuk minuman pasti menjual banyak sekali jenis-jenis minuman untuk musim hujan, sehingga kamu bisa jadi bingung dalam memilihnya. Oleh karena itu, baca dulu 9 contoh minuman hangat di bawah ini, siapa tahu ada yang cocok untuk lidahmu.

1. Cokelat Panas

Apakah kamu suka minuman cokelat panas, apalagi dengan tambahan susu kental manis atau bubuk kakao? Jika iya, kamu bisa menikmati minuman populer ini di saat santai. Saking populernya minuman ini, sampai banyak orang yang menganjurkannya sebagai teman bersantai di waktu hujan.

Kamu tidak melulu harus menggunakan bubuk cokelat biasa untuk membuat minuman ini. Cobalah gunakan bubuk dark chocolate atau white chocolate yang rasanya terbilang unik. Kemudian tambahkan bahan pelengkap, misalnya bubuk kayu manis atau daun mint.

2. Teh Lemon Hangat

Minuman hangat saat hujan setelah cokelat panas yang kedua ialah teh hangat dengan campuran air lemon sebagai penambah rasa asam manis. Kabarnya, teh lemon hangat mampu menyegarkan lehermu dan dapat menyembuhkan batuk berdahak.

Kamu hanya perlu menyediakan daun teh kering, 1 buah jeruk lemon, gula, dan madu untuk membuat minuman di musim hujan ini. Apabila mau, kamu boleh menambahkan bahan pelengkap semisal daun mint atau irisan jahe untuk memberikan rasa ekstra pada minumanmu.

3. Teh Hijau Hangat

Tidak hanya teh lemon saja, ada lagi minuman hangat saat hujan yang bernama teh hijau. Minuman ini memiliki manfaat berupa melawan diabetes, penyakit jantung, serta penuaan dini. Perlu kamu ingat, teh hijau yang baik untuk cuaca dingin di musim hujan adalah teh hijau hangat.

Kamu tidak perlu bahan ini-itu untuk membuat teh hijau hangat sendiri; cukuplah daun teh hijau, gula, madu, dan air hangat. Untuk bahan pelengkapnya, silakan kamu pilih antara bubuk kayu manis, daun mint, irisan buah lemon, atau bahan lainnya.

4. Bajigur

Di Jawa Barat, ada minuman tradisional yang biasa orang minum ketika hujan, yaitu bajigur. Bahan utama pada minuman ini ialah santan, jahe, gula merah, serta campuran kopi bubuk. Harganya juga tidak mahal, sehingga dapat kamu temukan di berbagai tempat.

Bagi kamu yang suka berwisata ke rumah-rumah makan Sunda, bajigur pasti tersedia di menu rumah makan tersebut. Meskipun begitu, ada juga penjual bajigur di pinggir jalan yang menyediakan kudapan pelengkap semisal klepon, pisang rebus, dan getuk.

5. Bandrek

Masyarakat Sunda pasti sudah akrab betul dengan minuman hangat saat hujan yang satu ini. Ya, bandrek ialah salah satu minuman tradisional Sunda yang umum tersedia di pasaran. Minuman ini sering disajikan bersama kudapan seperti pisang goreng atau bala-bala.

Sama seperti bajigur, bandrek sangat mudah kamu temukan di rumah makan yang bernuansa Sunda. Tidak hanya itu, tetapi juga ada tukang jualan di pinggir jalan yang menyediakan bandrek beserta bajigur dan aneka kudapan pelengkapnya.

6. Wedang Uwuh

Bagi kamu yang suka minuman tradisional, wedang uwuh ialah pilihan terbaik untuk menemanimu di kala turun hujan. Komposisi utama dalam minuman wedang uwuh ialah rempah-rempah seperti kayu manis, daun pala, jahe, dan kapulaga yang juga mendapat pemanis berupa gula batu.

Tahukah kamu bahwa kata uwuh pada nama minuman ini memiliki arti “sampah” dalam bahasa Jawa? Itu benar, karena campuran rempah-rempah pada waktu merebus minuman ini terlihat seperti sampah yang berserakan.

7. Wedang Jahe

Selain wedang uwuh, ternyata ada juga minuman hangat saat hujan yang namanya wedang jahe. Sesuai dengan namanya, minuman di kala hujan ini menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Selain itu, kamu tak usah repot menambahkan kayu manis atau cengkeh ke minuman ini.

Wedang jahe ini kabarnya sangat baik untuk mengobati sakit batuk dan flu ketika sedang musim hujan. Bahkan minuman hangat ini sudah tersedia dalam bentuk bubuk instan siap pakai.

8. Bir Pletok

Kamu jangan salah; kendati nama minuman hangat saat hujan ini mengandung kata bir, ini sama sekali bukan minuman beralkohol! Bir pletok terbuat dari rempah-rempah tradisional seperti cengkeh, lada, daun jeruk, daun pandan, dan kapulaga.

Inilah minuman khas warga Betawi yang biasa mereka sajikan pada hari-hari raya khusus. Orang Betawi di zaman dulu sering melihat kaum kolonial Belanda yang suka minum anggur. Kata pletok pada bir buatan warga Betawi itu terinspirasi dari suara membuka botol anggurnya orang Belanda.

9. STMJ

Minuman terakhir yang pasti enak untuk musim hujan ialah STMJ atau susu telur madu jahe. Jika kamu sering berbelanja ke toko grosir atau ke minimarket, kamu bisa membeli STMJ ini dengan mudah. STMJ tidak perlu kamu tambahkan gula, sebab sudah terdapat susu bubuk manis di dalamnya.

Bagi kamu yang berani membuat STMJ sendiri, kamu tinggal siapkan susu cair UHT, telur ayam kampung, jahe memar, dan madu. Bahan pelengkap untuk STMJ buatan sendiri misalnya kapulaga dan cengkeh supaya minuman hangat ini terasa lebih segar.

Mau Mencoba Minuman Hangat Saat Hujan yang Mana?

Demikianlah penjelasan seputar minuman yang enak dan hangat untuk menyehatkan badan di kala turun hujan. Mau itu cokelat panas, bajigur, atau bahkan teh lemon hangat, pilihlah minuman itu sesuai dengan rasa yang cocok untuk lidah kamu.

Mungkin di antara kamu ada yang ingin membeli minuman hangat itu dari distributor bubuk minuman. Maka dari itu, belilah minuman pilihan kamu dari Japo, yang menjual bubuk minuman dengan berbagai varian rasa!