Fakta Minuman Thai Tea Minuman Asal Thailand Yang Masih Sangat Populer

Fakta Minuman Thai Tea: Minuman Asal Thailand Yang Masih Sangat Populer

Bagikan artikel ini

Pernah mendengar minuman thai tea? Teh dari Thailand ini menjadi minuman yang cukup populer di Indonesia bahkan sampai sekarang. Campuran teh, susu, dan bahan premium lain menjadikan minuman ini memiliki rasa yang unik sehingga banyak menarik perhatian pelanggan.

Warna yang dimiliki berbeda dengan teh pada umumnya. Teh ini cenderung memiliki warna oranye karena terbuat dari ceylon yang hanya tumbuh di kota Bai Miang, Thailand. Jika Anda penasaran dengan thai tea dan faktanya, berikut beberapa hal yang bisa Anda ketahui.

Thai Tea dengan Sejarah Singkatnya

Awalnya, Thailand menjadi tempat untuk transit beberapa negara yang melakukan perdagangan seperti Cina, Arab, Turki dan negara Asia Selatan. Hal tersebut membuat budaya Thailand sedikit banyak memiliki kesamaan dengan negara-negara yang transit. Termasuk kebiasaan minum teh para pedagang Cina saat transit di pelabuhan dagang Thailand.

Kebiasaan minum teh di Thailand sendiri tidak pernah dilakukan karena dianggap tabu. Namun, seiring waktu berjalan Thailand mulai menerapkan budaya minum teh karena integrasi sosial yang dilakukan imigran Tiongkok saat tinggal sementara di negara gajah putih tersebut. Budaya minum teh itu akhirnya menyebar di seluruh Thailand dengan cita rasa yang lebih menarik.

Masyarakat Thailand akhirnya melakukan inovasi untuk teh yang mereka minum. Agar menciptakan rasa teh yang lebih kuat, mereka mencampurkan teh dengan susu dan menambah es yang telah dihancurkan agar lebih segar. Dari situlah minuman thai tea mulai disukai masyarakat Thailand sampai dikenal oleh beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Thai Tea Memiliki Banyak Rempah

Thailand juga dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai macam rempah-rempah. Bagi pecinta kuliner, mungkin tidak asing lagi dengan rasa makanan Thailand yang tajam seperti tom yum. Selain pada makanan, rempah juga bisa ditemukan pada thai tea.

Rempah yang digunakan thai tea sangat istimewa karena bisa menyegarkan badan. Untuk satu gelas thai tea berisi rempah-rempah yang terdiri dari, bunga lawang, kapulaga, kayu manis, dan adas manis. Dengan kumpulan rempah-rempah tersebut, thai tea memiliki macam-macam sensasi seperti gurih, asam, manis,dan pahit yang menyatu dalam sekali tegukan.

Thai Tea Dengan Susu Kental Manis

Berbeda dari teh biasanya, thai tea menambahkan susu kental manis sebagai pelengkap minuman tersebut. Penggunaan susu kental manis diyakini lebih kaya rasa dibandingkan susu bubuk. Sehingga, pada saat membuat thai tea Anda wajib untuk menambahkan susu kental manis agar rasanya lebih nikmat.

Susu kental manis juga menjadi ciri khusus thai tea sehingga orang-orang dapat membedakannya dari teh lain. Misalnya teh hijau terkenal berasal dari Jepang, teh tarik dari India dll. Jadi pada setiap negara memiliki ciri khas dari segi makanan ataupun minuman.

Minum Thai Tea dengan Gelas Besar

Masyarakat Thailand dulu, seringnya menggunakan gelas besar saat menyajikan thai tea. Alasannya karena thai tea memiliki rasa yang istimewa, warga Thailand ingin menyuguhkannya dengan bangga thai tea saat acara-acara penting. Dengan gelas besar ini dapat membantu pekerja rumah tidak keluar masuk ruangan saat acara tersebut.

Acara pertemuan biasanya dihadiri oleh pejabat penting Thailand. Untuk itu minuman thai tea ini sangat cocok disuguhkan karena memiliki cita rasa yang menarik. Ruangan juga bisa lebih bersih karena tidak banyak barang atau alat minum yang kotor dengan penggunaan gelas besar sekaligus.

Thai Tea Dengan Modifikasi Rasa

Fakta yang perlu diketahui selanjutnya adalah thai tea bisa di modifikasi dengan beberapa rasa. Contohnya, coklat, strawberry, alpukat dan beberapa rasa lainnya. Tujuan modifikasi rasa ini supaya thai tea bisa diterima banyak orang.

Minuman dengan kaya varian akan lebih digemari dan tentunya menarik perhatian. Rasa teh pada tiap lokasi juga bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan dan permintaan pelanggan.

Thai Tea Memiliki Antioksidan yang Tinggi

Thai tea bukan sekedar minuman yang dibuat untuk acara-acara penting saja. Namun, thai tea juga bisa diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan minuman ini, tubuh dapat terhindar dari radikal bebas seperti bakteri atau virus.

Jika tubuh memiliki daya tahan yang kuat, maka Anda tidak akan gampang sakit. Virus atau bakteri akan pergi, selain itu kulit bisa terlihat lebih halus dan cerah. Karena collagen dapat dihasilkan oleh zat antioksidan yang membantu kulit menjadi lebih sehat.

Minuman Thai Tea Banyak Manfaat

Oleh karena itu, minuman thai tea tidak akan pernah lepas dari negara Thailand. Sebab, thai tea sudah menjadi bagian dari budaya yang tentu saja membawa nama baik negara gajah putih tersebut. Selain rasanya yang nikmat, thai tea juga menyehatkan untuk dikonsumsi.

Di Indonesia, thai tea juga cukup populer sehingga dapat membuka peluang bisnis baru. Jika Anda ingin menjadi salah satu pebisnis minuman asal Thailand ini tentu saja harus menyiapkan bahan dan modal. Bahan thai tea sendiri dari teh ceylon yang hanya ada di Bai Miang sebuah kota di Thailand.

Namun Anda tidak perlu khawatir, bahan utama tersebut bisa diganti dengan bubuk minuman khusus untuk membuat thai tea sehingga Anda tidak perlu pergi jauh-jauh sampai ke Thailand. Anda sudah bisa membelinya melalui distributor bubuk minuman JAPO. Ada banyak varian bubuk minuman yang dijual melalui distributor tersebut.

Anda juga bisa mendapatkan bahan baku thai tea yang berkualitas dan terpercaya di JAPO. Sebagai tempat jual bubuk minuman, JAPO memberikan harga yang terjangkau dengan varian yang bermacam-macam. Selain itu Anda bisa mendapatkan bahan baku tepat waktu karena proses pengirimannya cepat, sehingga pastikan memilih distributor bahan baku untuk bisnis Anda dengan tepat.