Non Dairy Creamer

Sering Disamakan dengan Susu, Inilah Manfaat Non Dairy Creamer

Bagikan artikel ini

Non Dairy Creamer, yang sering dianggap sebagai pengganti susu, ternyata tidak hanya memberikan kepraktisan dalam penyajian minuman, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang menarik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat dari bahan pengganti susu yang satu ini, serta bagaimana Non Dairy Creamer dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang memerlukan alternatif pengganti susu.

Apa Itu Non Dairy Creamer?

Non dairy creamer merupakan krimer yang tidak mengandung susu atau protein hewani. Jadi, krimer bukan sebuah susu murni, melainkan hanya sebagai pengganti susu. Krimer nabati ini dikenal sebagai produk pengemulsi lemak dan air.

Produk ini terbuat dari olahan minyak nabati yang sudah melalui proses hidrogenasi parsial. Selain itu, proses pembuatannya pun diberi tambahan dari zat-zat bahan pangan, sedangkan untuk harganya sendiri jelas lebih murah daripada susu sapi murni.

Biasanya, krimer nabati ini dikemas dalam bentuk kemasan bubuk maupun cair. Pada bentuk bubuk, Anda bisa menyimpannya pada suhu ruangan yang kering dalam wadah yang tertutup untuk menjaga keawetannya.

Sementara untuk tekstur produk yang cair, bisa Anda simpan dalam lemari pendingin dengan kondisi tertutup rapat agar tidak cepat basi. Berbeda dengan krimer susu, non dairy creamer sendiri tidak mengandung laktosa. Jadi, produk ini akan lebih aman untuk orang yang memiliki riwayat alergi laktosa.

Selain itu, produk ini juga sangat ramah untuk para pejuang diet. Sebab, krimer nabati ini sangat rendah kalori, namun tetap bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Kini, krimer nabati juga tersedia dalam dua versi, yakni rendah lemak dan rendah kalori. Food and Drug Administration dari Amerika Serikat bahkan menyatakan bahwa, produk dengan kandungan natrium kaseinat mungkin mengandung laktosa, namun dengan tingkatan yang rendah.

Jadi, jika Anda mengkonsumsi krimer nabati ini dalam porsi yang normal, maka tidak akan memicu intoleransi laktosa. Namun, tingkat toleransi setiap orang tentunya berbeda-beda.

Karena itu, sebaiknya bagi penderita alergi susu harus mengetahui apakah krimer nabati mengandung natrium kaseinat atau protein susu dengan mengecek daftar bahan bahannya lebih dulu sebelum mengkonsumsinya.

Manfaat Non Dairy Creamer

Setelah Anda mengetahui penjelasan mengenai apa itu non dairy creamer, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi krimer nabati ini. Berikut daftar manfaat dari krimer nabati yang sering dikira sama dengan susu:

1. Memberikan Tambahan Rasa dan Aroma

Manfaat krimer nabati yang pertama adalah bisa memberikan tambahan cita rasa sekaligus aroma, baik pada makanan maupun minuman. Hal tersebut karena tambahan krimer bisa membuat berbagai olahan makanan memiliki tekstur yang lebih creamy.

Biasanya, krimer nabati ini sering dijadikan sebagai pengganti susu maupun santan, tetapi dalam versi yang lebih rendah lemak dan gula. Contoh beberapa hidangan yang bisa Anda tambahkan dengan krimer nabati adalah opor, rendang, soto, dan aneka sajian bersantan lainnya.

Sementara itu, Anda juga bisa menambahkan krimer nabati ini pada olahan minuman. Contohnya seperti kolak, es buah, es doger, dan lain sebagainya.

2. Membantu Program Diet

Manfaat non dairy creamer selanjutnya adalah bisa membantu program diet Anda. Jadi, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, namun tetap ingin menikmati hidangan bersantan atau minuman yang mengandung susu.

Makanan dan minuman pun akan terasa lebih enak dan creamy, tidak perlu khawatir lagi dengan kandungan lemak dan kalorinya. Sebab, produk ini termasuk rendah lemak, sehingga tidak akan membuat Anda menjadi gemuk selama mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

3. Bisa Jadi Whipping Cream

Fungsi dari krimer ini sebenarnya tidak hanya bisa Anda gunakan sebagai pengganti santan maupun susu saja dalam pembuatan berbagai olahan makanan maupun minuman.

Namun, krimer nabati ini juga bisa Anda jadikan sebagai whipping cream, karena lebih rendah lemak. Krimer nabati memang sebagian besar sudah memiliki tambahan pemanis yang rendah kalori, tapi tetap memiliki cita rasa gurih dan manis.

Anda bisa menggunakan krimer nabati ini sebagai whipping cream untuk topping kue maupun minuman berjenis frape. Rasanya pun tidak kalah lezat dari produk dairy lainnya. Produk ini akan sangat cocok untuk orang yang memiliki riwayat alergi laktosa.

4. Ramah untuk Penderita Diabetes

Selain bisa Anda jadikan sebagai whipping cream, non dairy creamer ini juga ramah untuk para penderita diabetes. Produk ini bisa Anda gunakan sebagai bahan tambahan makanan dan minuman sehari-hari yang aman untuk pasien diabetes. Namun, tetap saja, Anda harus mengkonsumsinya dalam batas yang wajar.

Kandungan pemanis pada krimer nabati ini juga menggunakan sirup jagung yang aman untuk penderita diabetes.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat terakhir dari krimer nabati atau krimer non susu adalah bisa melancarkan sistem pencernaan Anda. Hal tersebut terjadi karena produk krimer nabati rendah lemak, namun kaya akan serat, sehingga tidak menyebabkan sembelit.

Nah, kebutuhan akan serat ini sangatlah penting bagi tubuh, karena mampu menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol gula darah, sekaligus kolesterol. Sumber serat terbaik sendiri sebaiknya memang berasal dari bahan-bahan nabati. Contohnya seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Hal inilah yang membuat banyak orang beralih ke produk krimer nabati, karena jauh lebih menyehatkan dan bisa mencukupi kebutuhan serat harian.

Sudah Tahu Apa itu Non Dairy Creamer?

Bagi Anda yang ingin mencoba mengkonsumsi non dairy creamer, maka sebaiknya perhatikan terlebih dahulu jenis krimer yang tertera pada kemasannya agar tidak salah ketika membeli. Salah satu rekomendasi produk creamer untuk kopi yang sudah terbukti berkualitas adalah bubuk minuman dari JAPO.

Jakarta Powder merupakan supplier bubuk minuman yang jual bubuk minuman dengan berbagai varian dan ukuran. Beberapa produknya sendiri memang menggunakan krimer nabati.

Jadi, Anda bisa membuat minuman ala cafe yang lebih sehat sendiri di rumah menggunakan produk dari JAPO.