tempat strategis jualan minuman

Tips Memilih Tempat Strategis untuk Berjualan Minuman

Bagikan artikel ini

Saat ini, usaha jualan minuman menjadi populer di Indonesia. Kondisi cuaca yang panas menjadi salah satu faktor yang membuat usaha ini begitu populer di kalangan konsumen maupun pelaku usaha. Tempat strategis untuk jualan minuman merupakan hal yang perlu menjadi perhatian ketika ingin membuka sebuah usaha.

Tingginya minat penduduk terhadap minuman kekinian membuat tingkat persaingan pelaku usaha juga semakin tinggi. Simak beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menentukan lokasi yang tepat memulai usaha minuman.

4 Faktor Pemilihan Tempat Strategis Jualan Minuman

Saat ingin memulai usaha, pemilihan tempat strategis untuk jualan minuman merupakan hal yang penting. Lokasi yang tepat tentunya mampu meningkatkan target pasar. Faktanya terdapat banyak faktor yang perlu menjadi perhatian ketika memilih lokasi berjualan, antara lain yaitu:

A. Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk di sekitar tempat jualan merupakan salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan. Tempat yang memiliki kepadatan penduduk tinggi dan tingkat keramaian tinggi bisa menjadi pilihan tepat untuk memulai usaha berjualan minuman.

Tingginya aktivitas di sekitar lokasi akan membantu meningkatkan kemungkinan penjualan menjadi lebih ramai. Terutama lokasi yang memiliki lalu lintas yang tinggi, seperti pejalan kaki. Anda bisa memilih tempat seperti sekitar kampus, pasar, dan sekolah yang memiliki aktivitas penduduk yang tinggi.

B. Tingkat kompetisi

Tingkat kompetisi atau tingkat persaingan bisnis juga bisa menjadi perhatian dalam memilih tempat strategi jualan minuman. Pilihlah lokasi yang belum memiliki usaha minuman sejenis. Semakin minim usaha minuman di lokasi sekitar akan membuat tingkat persaingan menjadi lebih rendah.

Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih lokasi dengan bisnis makanan di sekitarnya, sehingga dengan adanya usaha minuman yang Anda jalankan bisa saling menguntungkan.

C. Akses yang Mudah

Selanjutnya yang perlu menjadi perhatian Anda dalam memilih tempat strategis adalah akses yang mudah. Pembeli tentunya akan lebih memilih tempat yang mudah dijangkau. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan jalan.

Kondisi ini akan membuat calon pembeli tidak kesulitan untuk menjangkau usaha jualan minuman yang Anda jalankan. Selain itu, pastikan tempat usah memiliki lahan untuk memarkir kendaraan. Jadi, apabila dekat dengan jalan kendaraan pembeli tidak mengganggu aktivitas lalu lintas.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari lokasi di gang sempit. Tidak hanya membuat calon pembeli kesulitan menjangkau, pemilihan gang sempit sebagai lokasi berjualan tidak strategis karena aksesnya yang sulit.

D. Sesuai dengan Budget atau Modal

Kemudian pastikan lokasi yang menjadi tempat pilihan untuk berjualan sesuai dengan budget yang Anda persiapkan.

Biasanya semakin ramai suatu lokasi makan akan semakin tinggi pula biaya yang diperlukan. Tempat jualan seperti di dalam mall dan pinggir jalan biasanya akan dibandrol dengan harga yang lebih tinggi. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu ruko atau tempat berjualan, Anda bisa menyewa terlebih dahulu.

Biasanya, harga sewa setiap tempat berbeda pada setiap daerah. Misalnya di Jakarta, harga sewa sebuah ruko bisa mencapai Rp70.000.000 per tahunnya. Tidak hanya faktor lokasi, luas tempat juga mempengaruhi tinggi rendahnya biaya sewa.

5 Pilihan Tempat Strategis Jualan Minuman

Berikut ini adalah 5 pilihan tempat strategis untuk jualan minuman yang bisa menjadi pilihan Anda ketika memulai usaha, yakni:

1. Depan Minimarket

Tempat pertama yang bisa Anda jadikan pilihan adalah depan minimarket. Minimarket merupakan lokasi strategis, apabila Anda ingin berjualan minuman.

Beberapa keuntungan berjualan di minimarket adalah harga sewa bulanan cukup murah, lahan parkir telah tersedia, dan bisa promosi kepada pelanggan minimarket yang keluar masuk.

Untuk dapat berjualan di minimarket, Anda perlu mengikuti persyaratan yang berlaku di tiap minimarket. Biasanya, Anda tidak boleh menjual produk yang sama dengan produk di minimarket. Oleh sebab itu, menjual minuman merupakan pilihan yang bijak.

2. Membuka Booth Minuman di Mall

Tempat untuk jualan minuman selanjutnya adalah mall. Meski memiliki harga sewa yang cukup mahal, keuntungan dari membuka booth minuman di mall juga cukup tinggi.

Mall memiliki pengunjung yang cukup banyak, sehingga peluang penjualannya pun cukup tinggi. Sistem keamanan dan kenyamanan pelanggan sudah pasti terjamin, apabila Anda membuka usaha di mall.

3. Di Sekitar Sekolah atau Kampus

Usaha minuman kekinian begitu populer di kalangan kaum muda. Oleh sebab itu, lokasi di sekitar sekolah atau kampus bisa menjadi tempat strategis untuk jualan minuman.

Anak-anak muda akan mudah tertarik pada hal-hal yang baru dan terjangkau. Minuman kekinian tidak hanya menarik, tetapi Anda juga bisa menjualnya dengan harga yang terjangkau. Salah satu caranya adalah dengan memilih agen bubuk minuman yang tepat sebagai distributor.

4. Dekat Area Perkantoran atau Lembaga Pemerintah

Area perkantoran atau lembaga pemerintah juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulai usaha jualan minuman. Banyak karyawan akan mencari minuman yang menyegarkan di pagi atau siang hari.

Menjual aneka jenis kopi bisa menjadi pilihan yang tepat, apabila Anda berniat membuka usaha jualan minuman di area perkantoran. Kopi akan membantu karyawan menjadi lebih segar dan berenergi ketika hendak menjalani aktivitas harian.

Tidak hanya pilihan menu yang cocok, konsep usaha juga bisa menjadi penentu bisnis Anda menjadi lebih ramai. Karyawan kantor akan lebih senang menikmati minuman pada kafe dengan konsep yang tenang, sehingga dapat meredakan stres akibat lelah bekerja.

5. Area Dekat Gym atau Klub Atletik

Lokasi strategis untuk usaha minuman terakhir yang bisa Anda jadikan referensi adalah di dekat gym atau klub atletik. Setelah melakukan kegiatan olahraga, beberapa orang tentu akan memutuskan untuk beristirahat dengan menikmati minuman yang segar.

Bisnis minuman yang Anda buka bisa menjadi pilihan tepat setelah melakukan latihan fisik yang membakar banyak kalori dan energi. Anda juga bisa menawarkan berbagai makanan sehat untuk melengkapi usaha minuman yang dijalankan di area gymnasium.

Tidak Hanya Lokasi, Perhatikan Juga Produk yang Anda Jual!

Berdasarkan pembahasan di atas, Anda bisa mulai melakukan survei pada tempat strategis untuk jualan minuman yang sesuai. Selain memperhatikan lokasi berjualan, hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memilih distributor bubuk minuman yang tepat.

JAPO adalah agen yang jual bubuk minuman terpercaya di Indonesia. Salah satu kelebihan bubuk minuman JAPO dibanding bubuk minuman lainnya adalah kualitas produk terjamin, menggunakan 100% gula asli, dan lengkap dengan berbagai varian rasa minuman bubuk.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai hal ini, jangan ragu untuk menghubungi kontak JAPO dan berdiskusi dengan salah satu tim profesional JAPO.