Tips Sukses Usaha Minuman Coklat

Bagikan artikel ini

Bingung memilih ide usaha karena khawatir tidak mendatangkan banyak cuan? Jangan khawatir, zaman sekarang terdapat banyak ide usaha yang dapat Anda pilih untuk menambah pundi-pundi uang. Salah satunya ialah usaha minuman coklat.

Sebelum memulai usaha ini, terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu supaya bisa meminimalisir kerugian. Apa saja tips-tips tersebut? Yuk simak artikel ini sampai habis!

Peluang Usaha Minuman Coklat

Cokelat atau biasa juga ditulis coklat merupakan panggilan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji coklat atau kakao. Banyak studi yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi penyakit kardiovaskular, kanker, dan lainnya.

Tidak sampai disitu, cokelat juga memiliki rasa yang lezat. Sehingga banyak diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Melihat peluang tersebut, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membangun bisnis olahan coklat, salah satunya adalah minuman coklat.

Maka, tidak heran jika usaha minuman dari coklat berkembang sangat pesat akhir-akhir ini dengan jumlah pelanggan yang terus meningkat. Minuman coklat ini mempunyai rasa yang nikmat dan sensasi yang segar karena diblender bersamaan dengan es.

Sayangnya, tidak semua usaha ini mampu mendatangkan banyak pelanggan. Terdapat beberapa penjual yang justru mengalami penurunan omzet dan merugi. Untuk menghindari hal tersebut, terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

Tips Membuka Usaha Minuman Coklat 

Berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika membuka usaha minuman coklat. 

1. Jual di Lokasi Strategis

Berjualan di lokasi yang strategis menjadi salah satu upaya agar usaha Anda dapat dikenal oleh banyak orang. Anda bisa berjualan di tempat-tempat yang ramai, seperti minimarket. Pada masa modern seperti sekarang ini, banyak orang yang suka mampir ke minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Tempat strategis lainnya yang bisa Anda gunakan yakni di dekat sekolah SD, SMP, SMA, atau kampus. Pasalnya, penggemar minuman coklat didominasi oleh anak-anak muda. Dengan berjualan di sekitar sekolah atau kampus, lambat laun usaha Anda akan diketahui dan didatangi oleh banyak pelanggan.

Kemudian, Anda bisa berjualan di dekat lokasi bank. Setiap hari, para nasabah dan pegawai akan lalu-larang di sekitaran lokasi tersebut. Apabila sering melihat usaha Anda, tidak menutup kemungkinan mereka akan ingin mencicipinya.

Oleh sebab itu, bagi yang baru saja merintis usaha minuman coklat, Anda bisa memulainya dari menentukan tempat untuk usaha yang tepat. Jika tempat usahanya kurang tepat, maka pelanggan akan cenderung sulit datang.

2. Pilih Supplier yang Berkualitas

Berbisnis tidak hanya sebatas mendatangkan banyak pelanggan, tetapi juga membuat pelanggan tersebut mampir kembali ke gerai kita. Oleh sebab itu, para pengusaha minuman coklat seharusnya menggunakan bubuk minuman coklat yang berkualitas.

Karena minuman coklat dengan bubuk yang berkualitas akan menghasilkan cita rasa yang enak dan berkelas. Hal itulah yang membuat orang-orang tidak enggan untuk datang kembali membeli minuman coklat.

Untuk mendapatkan bubuk coklat yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di supplier yang sudah terpercaya dan terjamin.

2. Lakukan Promosi di Internet

Anda bisa melakukan promosi di internet dengan memasang Adsense pada berbagai platform atau membuat situs terkait usaha Anda. Namun, Anda harus bersaing dengan situs-situs lain supaya mendapatkan posisi teratas pada pencarian Google.

Jika kesulitan, Anda bisa memasangkan iklan usaha di situs yang memiliki posisi teratas pada mesin pencarian Google. Dengan mendapatkan posisi teratas pencarian, calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli, terlebih jika mendapatkan rating yang bagus.

3. Lakukan Promosi di Media Sosial

Promosi di media sosial seperti menjadi suatu ‘kewajiban’ pada zaman sekarang karena tips yang satu ini dinilai mampu meningkatkan popularitas usaha Anda, sekaligus mendatangkan pembeli. Dalam mempromosikan produk, Anda bisa melakukannya di Instagram atau Facebook.

Anda juga bisa menggunakan iklan berbayar atau memilih cara yang gratis seperti melalui grup jual beli. Jangan lupa beri informasi secara lengkap terkait dengan produk atau outlet Anda, supaya calon pembeli tidak kesulitan ketika ingin order.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan jasa influencer untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi.

4. Jual di E-commerce

Terkadang, terdapat calon pelanggan yang ingin mencoba minuman coklat milik usaha Anda, tetapi letaknya jauh dari outlet. Solusinya, Anda bisa menjual produk Anda dalam bentuk kemasan satuan melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuat sistem kemitraan reseller dan dropship untuk mempermudah pelanggan dalam menjangkau produk Anda.

5. Jual dengan Konsep Cafe

Saat ini, cafe menjadi tempat kekinian favorit anak muda. Oleh sebab itu, konsep cafe sangat cocok untuk usaha minuman kekinian, mengingat usaha ini juga diminati oleh anak muda. Dengan begitu, kedua hal ini menjadi perpaduan yang sangat cocok.

Anda bisa juga menambahkan spot foto instagramable pada kafe agar lebih ‘mengundang’ anak-anak muda untuk berkunjung.

6. Tentukan Harga yang Bersaing

Harga bersaing yang dimaksud disini bukan berarti melakukan ‘perang’ harga dengan kompetitor. Anda boleh saja menetapkan harga sedikit di atas rata-rata penjual lain, asalkan produk yang ditawarkan memiliki inovasi unik yang tidak dimiliki kompetitor serta berkualitas tinggi.

Memang lebih baik jika harga yang ditawarkan murah atau terjangkau, tetapi jangan sampai keputusan tersebut justru membuat Anda merugi.

7. Buat Sistem Franchise

Kelebihan dari sistem franchise yakni bisa menyamakan konsep desain produk dan booth di tempat yang berbeda. Sehingga, Anda bisa menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Perlu diingat bahwa sistem franchise juga harus dilengkapi dengan bahan baku dan peralatan yang seragam.

8. Ciptakan Inovasi yang Menarik

Supaya usaha minuman coklat Anda unik, original, serta berbeda dengan yang lain, Anda perlu melakukan inovasi pada produk Anda. Tujuannya agar produk Anda lebih diminati dibanding dengan kompetitor-kompetitor Anda.

Selain itu, beragam inovasi yang Anda buat nantinya akan memperkuat produk dalam menghadapi persaingan global. Buktinya, banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kandas di tengah jalan karena tidak mampu menghadapi persaingan global.

Beberapa contoh inovasi yang dapat Anda lakukan yakni dengan menambah varian rasa, varian topping, konsep yang unik pada produk, dan lain-lain. Sebelum berinovasi, disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu supaya sesuai dengan target pasar.

9. Jangan Mudah Menyerah dan Konsisten

Dikutip okezone.com, pemilik UKM minuman kemasan coklat yang bernama Calvin Yong, mengajak semua pelaku UKM supaya berpandangan bahwa mimpi besar itu selalu dimulai dari yang kecil. Oleh sebab itu, dibutuhkan konsistensi yang tangguh disertai pula terobosan inovasi.

Tentu saja tidak mudah untuk bersikap konsisten serta terus bertahan dan berkembang. Namun, terdapat banyak pihak yang mau mendukung keberjalanan usaha minuman coklat Anda. Pihak-pihak tersebut seperti pemerintah, paguyuban, jaringan pasar, pendamping usaha, atau investor.

Walaupun begitu, semangat pantang menyerah pelaku usaha juga tidak kalah penting. Karena dukungan dalam bentuk apapun tidak akan ada artinya bila dalam jiwa pengusaha tidak terdapat tekad dan semangat.

Setelah membaca 10 Tips Sukses Usaha Minuman Coklat, Anda semakin yakin dan siap untuk membuka bisnis minuman kekinian ini bukan? Langsung saja hubungi supplier bubuk minuman yang sudah terpercaya untuk mendapatkan bahan baku terbaik.