campuran kopi

7 Bahan Campuran Kopi agar Lebih Nikmat Ketika Diminum

Bagikan artikel ini

Kopi adalah salah satu minuman dengan peminat terbesar di dunia. Selain itu, tahukah Anda bahwa banyak bahan yang bisa dicampurkan untuk menambah cita rasa kopi?

Jika penasaran, Anda bisa mengetahui beberapa bahan campuran kopi yang membuatnya jadi lebih nikmat lewat artikel di bawah ini!

7 Bahan Campuran Kopi

Berikut adalah beberapa bahan yang bisa Anda campurkan ke dalam kopi untuk meningkatkan cita rasanya, antara lain:

1. Vanilla

Jika Anda tidak suka kopi yang terlalu pahit, maka Anda bisa memasukkan sedikit ekstrak atau bubuk vanilla manis agar minuman tersebut lebih manis. Vanilla adalah campuran kopi yang biasanya digunakan untuk pembuatan aneka kue dan kudapan manis lainnya.

Selain itu, vanila akan membuat aroma kopi menjadi lebih wangi ketika Anda hirup. Cukup tuangkan beberapa gram bubuk vanilla dan rasakan kenikmatannya. Vanilla ini bisa Anda dapatkan di tempat jual bubuk minuman online maupun offline.

Vanila memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Misalnya, vanila dapat meningkatkan kerja otak. Ini membuat vanilla cocok dicampurkan ke dalam kopi yang dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga stamina. Vanilla juga dapat meminimalisir masalah pencernaan dan mengurangi stres.

2. Madu

Campuran kopi seperti madu bisa Anda gunakan sebagai pengganti gula. Madu dapat menjadi pemanis kopi alami yang nikmat dan menyehatkan. Meski mengandung lebih banyak kalori, tetapi rasanya juga lebih manis dan khas dari gula putih.

Namun begitu, tidak sedikit orang yang kurang suka dengan keunikan rasa dari kombinasi kopi dan madu.

Jika Anda ingin mendapatkan sensasi dan cara baru dalam menikmati kopi, maka menambahkan madu bisa menjadi suatu pilihan.

Selain itu, dengan mencampurkan madu ke dalam kopi, Anda juga akan mendapat beberapa manfaat kesehatan. Sebab, bobot nutrisi dari madu jauh lebih tinggi daripada gula biasa.

3. Kapulaga

Banyak sekali negara Timur Tengah yang menggunakan kapulaga sebagai bahan campuran kopi. Sebab, mereka menilai bahwa kapulaga mampu menetralisir efek dari kafein yang terdapat dalam kopi.

Kapulaga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh manusia, seperti menurunkan tekanan darah rendah dan mengatasi masalah pencernaan.

Kapulaga akan menghasilkan minuman yang lembut dan nikmat pada kopi. Cita rasanya pun manis dan agak pedas seperti jahe. Aromanya yang kaya membuat siapapun yang menghirup kopi dengan campuran kapulaga menjadi rileks.

Tidak heran, bahan yang satu ini menjadi salah satu rempah berharga di dunia karena aroma dan khasiatnya.

4. Gula Aren

Saat ini, banyak kafe yang menyajikan kopi dengan menggunakan gula aren. Bukan tanpa alasan, aroma wangi dari gula aren menambah cita rasa dari kopi itu sendiri.

Selain itu, rasa manisnya tidak terlalu kuat dengan sedikit rasa asam. Gula aren pada kopi dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kandungan mineral dan vitaminnya lebih banyak dan tentu tinggi zat gizi. Kopi dengan gula aren dapat melawan radikal bebas karena menjadi sumber antioksidan. Gula aren juga tidak menyebabkan kenaikan gula dara dengan signifikan.

Bukan hanya itu, terdapat kandungan serat inulin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Oleh karena itu, bahan campuran kopi ini merupakan pengganti gula putih yang tepat.

5. Kayu Manis

Kayu manis merupakan campuran kopi yang digunakan sebagai pengganti gula dan krim. Kayu manis lebih rendah kalori daripada gula pasir, sehingga cocok untuk Anda yang ingin melakukan program diet.

Anda bisa memasukkan bubuk kayu manis dan aduk bersama kopi. Anda juga bisa memasukkan satu batang kayu manis ketika kopi masih panas.

Nantinya, kayu manis akan menambahkan aroma yang lebih kaya pada kopi. Rasanya sama manisnya dengan gula merah, sehingga cocok dikombinasikan dengan pahitnya kopi hitam.

Jika Anda memasukkan kayu manis pada kopi, maka bisa membantu menstabilkan gula darah. Kayu manis juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan menjaga kekebalan tubuh.

6. Garam

Ternyata ada pilihan selain gula dan kayu manis untuk menambah kenikmatan kopi, yakni dengan mencampurkan garam. Cara ini sudah ada sejak zaman dahulu di beberapa negara seperti Turki. Cara ini bertujuan untuk menyeimbangkan rasa dari kopi itu sendiri.

Hal ini karena natrium yang terdapat pada garam, natrium akan mengurangi rasa pahit secara signifikan. Berbeda dengan gula yang bisa mengurangi pahitnya hanya sedikit saja. Akhirnya, Anda harus memasukkan banyak gula jika ingin rasa pahitnya berkurang.

Nantinya, garam tersebut akan mengubah rasa kopi menjadi lebih ringan. Selain itu, menambahkan sejumput garam akan membuat kopi menjadi lebih lembut, sehingga mudah diminum untuk orang yang tidak terlalu suka rasa pahit.

7. Telur

Apa jadinya mencampurkan kopi dengan telur mentah? Kedua kombinasi tersebut berasal dari Norwegia, Denmark, dan Swedia. Salah satu campuran kopi ini memiliki peran penting dalam memberikan rasa pada minuman tersebut. Misalnya, sama seperti garam, kuning telur dapat mengurangi rasa pahit yang ada pada kopi.

Sementara itu, putih telur dapat mengikat ampas kopi. Keduanya membuat kopi lebih bersih dan memiliki aroma yang harum. Meski begitu, Anda harus hati-hati dalam penyajiannya. Sebab telur mengandung bakteri salmonella yang berbahaya untuk kesehatan manusia.

Oleh karena itu, Anda bisa mendidihkan kopi bersama telurnya terlebih dahulu di suhu 160-200 derajat celcius. Anda juga bisa membeli telur yang sudah aman atau steril lewat proses
pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang bertujuan untuk menghancurkan bakteri yang ada pada telur.

Mana Campuran Kopi yang Paling Enak?

Kopi adalah minuman yang wajib diminum bukan hanya untuk orang tua, tetapi juga remaja. Jika ingin mencicipi nikmatnya kopi berkualitas, maka Anda bisa mendapatkannya di JAPO atau Jakarta Powder.

JAPO adalah distributor bubuk minuman atau tempat jual bubuk minuman terpercaya yang menyediakan kopi dengan kualitas premium. Bukan hanya kopi, produk lain yang tersedia di JAPO telah melalui proses yang higienis sehingga kualitasnya cukup terjamin.