Cara Memulai Bisnis Minuman Kekinian untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Minuman Kekinian untuk Pemula

Bagikan artikel ini

Cara memulai bisnis minuman kekinian memang banyak dipelajari oleh para pebisnis pemula. Hal ini terlihat dari banyaknya minuman kekinian yang terus bermunculan dan berkembang secara signifikan.

Bukan sekedar trend bisnis sesaat, nyatanya ada banyak sekali usaha minuman kekinian yang berhasil bertahan hingga saat ini. Penasaran bagaimana cara memulainya? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Cara Memulai Bisnis Minuman Kekinian untuk Pemula

Menjalankan bisnis tentunya tidak hanya berbicara mengenai besaran nominal modal yang harus Anda keluarkan saja, melainkan juga persiapan yang matang. Nah, berikut ini ada beberapa cara memulai bisnis minuman kekinian, bagi Anda yang masih pemula, agar usaha bisa berjalan dengan lebih lancar:

1. Kenali Target Pasar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai usaha adalah menentukan target pasar Anda. Proses ini tentunya akan sangat berpengaruh pada produk dan harga yang akan Anda gunakan pada usaha minuman Anda tersebut.

Selain itu, Anda juga harus bisa membuat produk yang sesuai dengan usia dari target pasar Anda tersebut. Dengan begitu, maka usaha yang Anda jalankan pun akan lebih mudah berkembang, karena sudah memiliki target market jelas.

2. Ketahui Trend Pasar

Setelah Anda menentukan identitas dari target pasar Anda, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui trend pasar.

Jadi, Anda harus bisa memperhatikan apa yang sedang hits saat ini. Misalnya saja ketika Anda membuat usaha minuman berbahan dasar teh, dan saat ini yang sedang trend adalah minuman boba. Maka, Anda bisa mencoba mengkombinasikan keduanya menjadi minuman boba tea.

3. Belajar Administrasi Bisnis

Cara memulai bisnis minuman kekinian yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah belajar administrasi bisnis. Selama proses jual beli produk, tentunya Anda akan mencatat perkembangan bisnis yang terjadi. Mulai dari pengeluaran hingga omzet yang Anda dapatkan.

Nah, seiring berkembangnya bisnis, tentunya Anda juga perlu membuat laporan keuangan dan keperluan administrasi lainnya.

Namun, tidak hanya itu, sistematika penjualan juga perlu Anda pelajari agar bisa memperluas pasar. Salah satu contohnya adalah belajar ilmu digital marketing dan media sosial lain untuk media promosi usaha.

4. Ciptakan Produk Berkualitas

Minuman yang enak dan dijual dengan harga yang mahal tentunya sudah banyak dipasaran. Namun, bagi Anda yang ingin sukses dalam berbisnis minuman kekinian, bisa mencoba membuat minuman premium dengan harga yang terjangkau.

Hal ini tentunya akan membuat produk yang Anda jual berbeda dan bisa diterima dengan baik oleh pasar. Untuk menciptakan minuman premium dengan harga terjangkau, Anda bisa melakukan eksperimen rasa.

Selain itu, Anda juga bisa berlangganan pada distributor bubuk minuman JAPO yang menjual bubuk minuman berkualitas dengan harga relatif terjangkau serta menyediakan berbagai varian rasa. Agar, Anda bisa menghasilkan produk minuman kekinian berkualitas premium sekaligus menghemat biaya pengeluaran untuk bahan baku.

Jadi, dengan cara memulai bisnis minuman kekinian ini, maka Anda bisa menemukan racikan minuman yang tepat dan unik.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan pemasok bahan baku yang memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari pasaran.

5. Buat Kemasan yang Unik

Kemasan ternyata juga menjadi salah satu hal yang penting dalam membuka usaha minuman kekinian. Jika Anda ingin produk Anda lebih menarik, maka buatlah kemasan yang unik.

Anda bisa mendesain kemasan agar unik dan berbeda dari lainnya. Untuk membuatnya lebih menarik lagi, Anda bisa membuat kemasan ramah lingkungan. Kemasan tidak sekali pakai tentunya akan lebih banyak disukai, karena dianggap lebih berguna.

Hal-hal semacam ini memang tampak sepele, namun kerap menjadi pertimbangan dari banyak orang untuk membeli. Kemasan yang unik dan tepat, tentunya akan mempermudah Anda dalam melakukan branding dari usaha minuman kekinian yang Anda jalankan tersebut.

6. Buat Logo yang Menarik

Cara memulai bisnis minuman kekinian selanjutnya adalah membuat logo yang menarik. Logo merupakan salah satu elemen yang bisa memperkuat branding usaha Anda.

Logo juga akan menjadi identitas dari bisnis Anda tersebut, sehingga sangat penting untuk membuatnya semenarik mungkin. Selain unik, logo bisnis juga harus mudah diingat.

Jadi, pemilihan desain dan warna yang tepat, tentunya akan membuat logo dari usaha minuman kekinian Anda menjadi menarik.

Apabila Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka Anda bisa menggunakan jasa desainer profesional untuk mendesain logo bisnis Anda tersebut agar hasilnya pun lebih maksimal.

7. Promosi

Jangan lupa lakukan promosi dengan tepat. Sebab, hal ini menjadi salah satu cara memulai bisnis minuman agar sukses.

Anda bisa memanfaatkan media sosial atau iklan dalam bentuk soft selling melalui konten-konten yang tepat. Jadi, semakin unik promosi yang Anda lakukan, maka akan semakin menarik juga bagi orang lain yang melihatnya.

Namun, sebaiknya sesuaikan aktivitas promosi ini dengan segmen pasar yang Anda targetkan. Tujuannya adalah agar hasil yang Anda inginkan bisa tercapai dengan maksimal.

8. Gunakan Konsep Bisnis yang Detail

Jika Anda ingin usaha yang berbeda dari usaha lainnya, maka Anda harus memiliki konsep usaha yang lebih detail.

Hal ini tentunya menyangkut semua aspek, mulai dari menu, kemasan, dan lain sebagainya. Dalam bisnis tersebut, tampilkan rencana yang matang sejak awal. Tujuannya adalah agar bisnis yang Anda jalankan tetap konsisten.

Selain itu, dengan konsep bisnis yang detail, maka bisnis Anda pun akan semakin mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Nah, tentunya cara ini akan sangat memudahkan Anda dalam mencapai penjualan yang besar dan perkembangan bisnis yang signifikan.

9. Lakukan Evaluasi

Cara memulai bisnis minuman kekinian yang selanjutnya yaitu melakukan evaluasi. Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada bisnis yang langsung bisa berjalan dengan baik. Sebab, semua usaha akan membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Ketika Anda sedang mengembangkan bisnis minuman kekinian tersebut, maka pastikan bahwa Anda juga melakukan evaluasi secara berkala.

Proses inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam memperbaiki berbagai hal yang penting. Selain itu, proses evaluasi ini juga akan meningkatkan kualitas bisnis Anda di mata pelanggan.

10. Perhitungan Modal

Hal terakhir yang tidak boleh Anda lupakan dalam menjalankan bisnis adalah memperhitungkan modal. Perlu Anda ketahui, untuk memperkirakan modal usaha ini, maka Anda harus memulai kalkulasi bisnis.

Dari mulai kebutuhan modal untuk alat dan bahan, promosi, hingga biaya operasionalnya. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan uang yang cukup untuk menjalankan bisnis Anda tersebut.

Jangan sampai nantinya rencana yang Anda buat harus berhenti ditengah jalan karena kekurangan modal.

Tertarik untuk Membuka Usaha Minuman Kekinian?

Itulah beberapa cara membuka bisnis minuman kekinian yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Tentunya saat ini sudah ada banyak sekali usaha minuman kekinian modal kecil yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi bisnis Anda. Jadi, apapun bisnis yang Anda jalankan, kunci kesuksesannya adalah selalu berusaha secara maksimal.