Sering Dijadikan Rasa Minuman, Inilah Manfaat Taro Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sering Dijadikan Rasa Minuman, Inilah Manfaat Taro Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bagikan artikel ini

Taro, atau yang dikenal juga dengan nama Colocasia esculenta, adalah tanaman umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bahan makanan di banyak negara di Asia dan Pasifik.

Taro memiliki rasa yang khas dan tekstur yang empuk, sehingga cocok untuk diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti sup, kue, atau gorengan. Tapi banyak juga yang menjadikan taro menjadi minuman, yaitu minuman taro.

Tapi, tahukah Anda, Taro juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui.

Mengenal Taro

Taro adalah talas ungu yang memiliki rasa dan warna yang khas. Sehingga bisa menambah cita rasa yang khas pada makanan dan minuman.

Ubi ungu banyak ditemukan dengan mudah di kawasan Asia, khususnya Indonesia. Sehingga ubi ungu sering diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Salah satunya adalah membuat campuran rasa taro pada makanan dan minuman populer saat ini.

Ubi ungu memiliki rasa yang manis dan rasanya identik dengan rasa kacang dan vanilla yang dicampur. Rasanya yang khas membuat taro menjadi salah satu rasa populer yang dipilih saat ini. Tidak heran jika banyak beredar resep minuman taro yang bisa Anda kreasikan.

Cara Memilih Talas Ungu yang Berkualitas

Jika Anda tertarik untuk memilih talas ungu sendiri, maka penting untuk mengetahui ciri-ciri taro berkualitas terbaik. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda bisa mengolah taro yang berkualitas untuk campuran makanan dan minuman.

Cara memilih kualitas taro terbaik yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

A. Pilihlah yang Memiliki Tekstur Keras

Penting bagi Anda untuk memilih taro yang memiliki tekstur yang keras. Hindari memilih taro yang memiliki tekstur lembek. Hal ini menandakan bahwa taro tersebut tidak memiliki kualitas yang bagus.

B. Pilih Taro yang Tidak Berbintik

Memilih talas terbaik dapat dilakukan dengan menghindari kulit yang berbintik. Hal ini menandakan bahwa taro tersebut memiliki kualitas yang tidak bagus dan terserang jamur. Sehingga tidak akan menghasilkan rasa yang enak ketika diolah.

Manfaat Talas Ungu yang Tidak Diketahui

Setelah membahas mengenai cara memilih talas ungu, penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat taro. Hal ini akan membantu Anda memanfaatkan taro untuk mengatasi masalah sehari-hari. Sehingga keberadaan taro dapat lebih bermanfaat untuk kehidupan Anda.

Selain digunakan sebagai campuran makanan, taro memiliki manfaat lain yang perlu diketahui. Beberapa manfaat taro yang perlu Anda ketahui supaya bisa memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari, sebagai berikut:

1. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Jantung

Jika Anda mengonsumsi taro atau talas ungu, maka Anda bisa mencegah risiko terserang penyakit jantung. Kandungan serat pada taro dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Silakan untuk mengonsumsi taro untuk sarapan ataupun cemilan. Sehingga Anda bisa menikmati rasanya yang lezat dan mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan. Jangan ragu untuk mengkonsumsi talas ungu yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Menurunkan Gula Darah

Manfaat lain dari mengkonsumsi taro adalah menurunkan gula darah. Jika Anda memiliki risiko gula darah yang meningkat, maka penting untuk mengkonsumsi talas ungu. kandungan taro sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Anda bisa memilih taro sebagai pengganti nasi sehingga bisa mendapatkan kandungan karbohidrat. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk cemilan supaya mendapatkan rasa yang lebih enak.

3. Membantu Program Diet

Selain dapat membantu untuk kontrol gula darah, Anda juga bisa mengkonsumsi taro untuk program diet. Kandungan serat pada taro dapat menjadi sumber energi yang bagus untuk tubuh. Sehingga dapat memberikan efek kenyang karena memiliki serat yang tinggi.

Jika Anda rutin mengkonsumsi taro sebagai pengganti nasi, maka Anda bisa menurunkan berat badan. Hal ini dapat membantu mengatasi kelebihan kalori dalam tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi taro dan dapatkan manfaat taro untuk program diet Anda.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat talas bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui yaitu membantu menjaga kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi taro dapat meningkatkan pergerakan usus Anda. Sehingga tidak akan terjadi sembelit dan Anda bisa lancar saat buang air besar.

Apabila Anda sering mengalami sembelit, jangan ragu untuk mengkonsumsi taro. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengatasi masalah sembelit. Silakan untuk mengonsumsi taro untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

5. Mencegah Risiko Kanker

Taro memiliki kandungan yang bagus untuk mencegah risiko penyakit kanker. Taro memiliki senyawa polifenol yang bermanfaat untuk menjaga Anda dari risiko kanker. Senyawa ini terdapat pada akar talas sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi.

Selain itu, manfaat taro adalah dapat bertindak sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C pada taro dapat membantu menghilangkan racun pada tubuh. Sehingga Anda perlu rutin mengkonsumsi talas ungu untuk menjaga kesehatan dan menurunkan risiko kanker.

6. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Saraf

Taro memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan saraf. Kandungan magnesium dan vitamin E pada taro dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit kronis. Sehingga tulang, otot, dan saraf menjadi lebih kuat.

Talas kukus sering dikonsumsi oleh para atlet supaya membantu menjaga daya tahan tubuh. Anda juga bisa mengkonsumsinya supaya mendapatkan manfaat taro untuk kesehatan Anda. Silakan untuk mencari talas ungu di toko terdekat di wilayah Anda.

7. Merawat Kecantikan Kulit

Kandungan vitamin yang ada pada taro dapat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. Anda bisa mengkonsumsi taro supaya kulit menjadi lebih terawat dan sehat alami. Sehingga taro bisa membantu menjaga kesehatan kulit Anda dari dalam.

Anda bisa mengkonsumsi taro untuk kecantikan kulit dengan berbagai cara. Misalnya taro yang diolah menjadi makanan, minuman, dan dikukus. Pastikan saja bahwa makanan atau minuman rasa taro yang dikonsumsi bukan dari perisa sintetis.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat taro yang perlu Anda ketahui. Jika ingin membeli bubuk taro yang berkualitas premium, maka Anda bisa mengunjungi JAPO.

JAPO jual bubuk minuman berkualitas premium dengan berbagai rasa, salah satunya yaitu taro. Dengan membeli bubuk taro dari JAPO, Anda bisa mengonsumsi milk tea rasa taro yang enak dan segar.