Takaran Bubuk Minuman yang Pas, Bikin Minuman Lebih Enak

Takaran Bubuk Minuman yang Pas, Bikin Minuman Lebih Enak

Bagikan artikel ini

Banyaknya varian rasa dan warna pada powder drink yang tersedia membuat penikmatnya bisa menjelajahi aneka rasa dan warna. Tapi apakah Anda tahu berapa takaran bubuk minuman yang pas dan cara membuatnya?

Maka dari itu, artikel kali ini akan membagikan informasi tentang takaran bubuk, gula, dan air yang pas dalam menyajikan berbagai macam minuman powder drink. Yuk, simak!

Takaran Bubuk Minuman yang Pas

Untuk mendapatkan rasa minuman powder drink yang terbaik alias nggak terlalu manis atau kurang manis, memang perlu melakukan banyak uji coba. Terkadang, Anda akan membutuhkan alat tambahan, seperti sendok takar, gelas takar, timbangan, atau jigger untuk mendapatkan takaran yang akurat.

1. Takaran Bubuk Minuman Mix

Salah satu keuntungan saat membuat minuman powder drink dengan bubuk mix adalah tidak perlu menambahkan gula, karena biasanya sudah terdapat bahan gula di dalamnya. Cocok untuk Anda yang termasuk penikmat minuman powder drink seperti ice blend, boba drink, milk tea, atau semacamnya dengan cara yang praktis.

a. Takaran Minuman Ice Blend

Apakah Anda termasuk pecinta minuman ice blended ala-ala cafe? Berikut ini takaran powder drink yang tepat dan bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan rasa manis yang pas. Siapa tahu Anda bisa menghasilkan minuman ice blended dengan rasa terbaik dan bisa Anda jual untuk mendatangkan cuan.

Contohnya jika Anda ingin membuat racikan minuman ice blended red velvet yang kekinian. Anda bisa mendapatkan bubuk red velvet yang berkualitas melalui distributor bubuk minuman dengan harga yang sangat bersahabat. Salah satu tempat terbaik yang jual bubuk minuman dengan pilihan rasa red velvet adalah JAPO.

Cukup dengan membayar Rp70.000,00, Anda bisa mendapatkan 1 kg produk bubuk minuman red velvet yang bisa digunakan untuk menghasilkan 40 – 45 cup minuman. Jadi, kalau dihitung, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp1.600,00 dan bisa Anda jual dengan harga mulai dari Rp6.000,00 – Rp10.000 per cup. Lumayan, bukan?

Berikut ini takaran bubuk untuk menghasilkan 1 porsi minuman ice blended rasa red velvet yang tepat untuk jualan:

  • 14 – 16oz takaran gelas atau setara 20 – 40 gram bubuk minuman rasa red velvet.
  • 100 – 125 ml air.
  • 14 – 16oz es batu.
  • Topping (opsional)

b. Takaran Bubuk Minuman Milk Tea

Minuman lain yang menggunakan powder drink dan tak kalah populer adalah milk tea. Bubuk minuman ini cocok untuk membuat boba tea, milkshake, bubble drink, atau minuman unik lainnya. Per kilogram bubuk milk tea bisa Anda gunakan untuk menghasilkan 50 gelas dengan saran saji 20 gram per gelas. Ini dia takarannya:

  • 20 – 25 gram bubuk milk tea atau setara 4 sendok takaran
  • 50 – 80 ml air
  • Es batu sesuai permintaan pelanggan.

c. Takaran Bubuk Minuman Green Tea

Kurang lengkap rasanya jika membuka usaha minuman tapi tidak menambahkan varian rasa green tea ke dalam menu Anda. Untuk menghasilkan kualitas rasa terbaik, berikut ini takaran yang tepat:

  • 10 gram bubuk green tea
  • 40 – 60 ml air mineral
  • Es batu secukupnya
  • 40 ml fresh milk

d. Takaran Minuman Hot Drink

Tak hanya untuk minuman dingin, bubuk minuman juga bisa digunakan untuk membuat minuman panas. Misalnya saja untuk minuman susu coklat panas, maka takarannya adalah:

  • 8oz bubuk minuman coklat atau 1 sdm per cangkir ( 20 gram)
  • 3 sdm susu bubuk
  • Air panas secukupnya

2. Takaran Bubuk Plain

Bubuk minuman tak hanya tersedia dalam varian mix gula, tapi ada juga varian bubuk plain alias tanpa mengandung gula. Jadi, Anda perlu menambahkan gula dalam takaran tertentu untuk mendapatkan rasa manis yang pas.

Bubuk plain ini cocok untuk Anda yang ingin lebih bebas menentukan kadar manis, agar lebih sesuai dengan selera pribadi. Untuk takarannya adalah sebagai berikut:

  • 14oz bubuk minuman (kurang lebih 20 gram atau 1 – 1 ½ sdm).
  • 21 gram gula pasir atau 40 – 60 ml gula cair.
  • Es batu 14oz.
  • Air secukupnya.

Tips Membuat Minuman Powder Drink Agar Lebih Enak

Meskipun membuat minuman dari bubuk instan terdengar mudah, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar minuman yang Anda buat memiliki rasa, kekentalan, hingga aroma yang lebih enak. Ini dia tips membuat minuman powder drink yang bisa Anda praktekkan:

1. Gunakan Takaran yang Sesuai

Salah satu kunci membuat minuman powder drink dengan rasa manis yang pas terletak pada takarannya. Jika bubuk minuman yang Anda seduh terlalu sedikit, maka rasanya akan hambar.

Sebaliknya, jika Anda memasukkan bubuknya terlalu banyak, bisa jadi tekstur minuman akan terlalu kental dan rasanya terlalu manis. Takaran air, gula, dan es batu juga perlu Anda sesuaikan untuk menciptakan kombinasi yang sempurna.

2. Gunakan Alat Takar Agar Lebih Akurat

Cara termudah menentukan takaran bubuk minuman adalah menggunakan satuan sendok teh atau sendok makan. Tapi, supaya lebih akurat, ada baiknya Anda menggunakan alat takar, seperti timbangan, gelas takar, atau jigger. Dengan begitu, Anda bisa menjaga konsistensi rasa minuman yang Anda sajikan untuk pelanggan.

3. Gunakan Air Panas Saat Menyeduh Bubuk Minuman

Meskipun Anda akan membuat minuman dingin menggunakan bubuk instan, sebaiknya Anda tetap menggunakan air panas saat menyeduh bubuknya, bukan menggunakan air biasa atau air es. Tujuannya adalah supaya bubuk instan dan gula lebih mudah larut, sehingga rasanya akan lebih nge-blend.

4. Gunakan Jenis Bubuk Instan yang Tepat

Pada pembahasan di atas sudah disinggung bahwa bubuk minuman instan tersedia dalam varian mix dan plain. Pilihlah jenis bubuk dan varian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda menginginkan yang lebih praktis, gunakan bubuk minuman mix (sudah termasuk gula) dan jika Anda lebih suka berkreasi dengan menambahkan bahan lain seperti karamel, creamer, whip cream, dan semacamnya, Anda bisa pilih bubuk plain.

Kini, Anda Tahu Takaran Bubuk Minuman yang Tepat!

Ternyata, membuat minuman powder drink cukup mudah, asalkan tahu takaran bubuk minuman yang tepat dan cara membuatnya. Selain menentukan takaran dan jenis varian, Anda juga perlu memilih bubuk minuman yang berkualitas.

Salah satu tempat untuk mendapatkannya adalah di JAPO. Mengapa harus JAPO? Sebab, ada banyak kelebihan bubuk minuman JAPO yang patut Anda pertimbangkan. Mulai dari harga yang sangat terjangkau, banyak pilihan rasa kekinian, menyediakan paket sampel bubuk minuman, dan juga melayani pembelian secara eceran.